Cara Memilih Kenari Terbaik dari segi suara, FIsik dan juga Mental

Memilih burung kenari untuk sebuah kontes dengan burung kenari sebagai peliharaan tentunya sangat berbeda. Sebab tidak banyak burung kenari rumahan yang mampu bersaing dalam sebuah kontes. Ada tips mudah mendapatkan burung kenari agar dapat diturunkan dalam sebuah kontes, yakni dengan membeli burung yang ada dalam sebuah kontes yang tentunya mahal.

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini wajar saja karena kenari merupakan salah satu jenis burung dengan penampilan yang rupawan mulai dari warna bulu yang cantik dan juga memiliki suara merdu yang menarik. Bukan hanya itu saja, burung kenari juga merupakan salah satu burung yang sering diikutkan dalam berbagai kontes, tentu saja dengan berbagai hadiah yang menarik di dalamnya.

Memilih Burung Kenari Berkualitas

Burung Kenari Kontes (source: caramerawatperawatangacor)

Jika tidak ingin membeli burung kenari yang ada dalam sebuah kontes yang mahal, Anda juga dapat memilih burung kenari lainnya dengan tips ringan berikut ini:

Kenari Jantan Yang Sudah Berbunyi Bukan yang masih bakalan tips yang satu ini wajib untuk dilaksanakan dan sifatnya mutlak.

Lihat Postur Tubuh, Kenari dengan postur tubuh yang baik dalam arti “tidak cacat, warna yang indah (optional), dan juga lincah”. Selain itu, perhatikan berat tubuh kenari sebab jika si burung memiliki berat badan berlebih / kegemukan akan mengakibatkan ia malas untuk berbunyi.

Kualitas Suara Kenari, Perhatikan dengan baik kualitas bunyi kenari, apakah lagunya bagus? panjang? suara nyaring?. Jika Anda tidak tebiasa mendengarkan nyanyian/lagu kenari yang baik/bagus, bisa juga mendengarkan lagu kenari yang telah menjadi juara dalam sebuah kontes sebagai pembanding. Namun jika tidak ada pembanding, Anda dapat menilai kualitas lagu dengan perasaan sendiri, apakah Anda merasa terhibur? atau tidak?

Kriteria lagu panjang  saat dilantunkan, beragam / bervariasi, dan tidak putus ditengah dengan tiba-tiba alias harus memiliki ujung lagu yang menarik/enak didengar. Pada umumnya kenari juara memiliki durasi kicauan yang lumayan panjang yang bisa lebih dari 30 detik tanpa putus.

Kriteria bunyi Nyaring  mungkin agak sulit menentukan suara kenari yang nyaring jika tidak ada pembanding, namun bisa juga dengan melihat leher kenari saat berbunyi (apakah leher kenari menonjol ke depan, hal ini bisa juga menjadi tanda colume suaranya yang nyaring). pada umumnya kenari hasil kawin silang dengan kenari yorkshire memiliki suara kicauan yang lebih lantang jika di bandingkan dengan kenari jenis lain.

Kenari Lomba

selain hal di atas ada beberapa tambahan jika anda menginginkan kenari yang “Layak masuk Lomba” silahkan disimak :

Gaya Kenari Saat Berbunyi/Bernyanyi, pose terbaik saat bernyanyi adalah dengan menurunkan kedua sayap atau bisa juga direntangnya serta berjalan ke kiri dan ke kanan. Ada beberapa kenari yang melakukan pose tersebut saat melihat kenari jantan lainnya, karenanya perlu dilakukan tes dengan kenari jantan lainnya.

Jenis Burung Kenari Lengkap

Sifat Ngotot Kenari Saat Bernyanyi, karena ada beberapa kenari yang ikut berbunyi saat ada kenari jantan lainnya yang berbunyi alias saling bersahutan dan tidak mau kalah dengan yang lain saat bernyanyi. Untuk mendapatkan kenari dengan sifat yang satu ini, tips termudahnya adalah dengan mengetes kenari dengan kenari lainnya yang telah menjadi juara. Jika kenari tersebut tidak mau kalah dengan kenari lainnya saat bernyanyi, maka kenari tersebut dapat dikatakan memiliki sifat yang ngotot.

Mental lapangan yang baik, ketahanan mental sangat diperlukan ketika akan ikut kontes. Tidak mudah menemukan kenari dengan kriteria yang satu ini. Karena dibeberapa kasus ada kenari yang telah memenuhi berbagai kriteria di atas. Akan tetapi dikarenakan beberapa sebab burung kenari menjadi down saat diikutkan dalam sebuah kontes. salah satu Solusinya yakni membeli kenari yang telah mengikuti kontes sebelumnya (meski harganya mahal, namun sudah pasti kenari yang satu ini memiliki mental lapangan yang sudah teruji).

Melatih Mental Kenari

Meski begitu, mental lapangan bagi kenari dapat dibina dengan cara:

  • Sering menggantung kenari di tempat ramai/tempat yang sering dilewati orang, kendaraan (ex. pinggir jalan depan rumah)
  • Sering-seringlah membawanya jalan-jalan, entah itu jalan-jalan biasa, saat latber, atau saat melakukan tes dengan teman lainnya yang lokasinya jauh
  • Bisa juga dengan membuat kandang umbara, agar stamina pada burung semakin baik/fit

Ragam Pakan / Makanan untuk Kenari

“Harga menentukan kualitas” sebuah pribahasa yang mungkin benar atau juga salah, namun dari fakta yang ada hal tersebut adalah nyata. Jika menginginkan burung kenari terbaik yang dapat ikut langsung dalam sebuah kontes, tentunya Anda harus berani mengeluarkan kocek yang besar. Jika tidak, Anda diwajibkan memiliki pengetahuan mengenai Tips Termudah Untuk Menemukan Kenari Kontes tersebut.

 

Referensi

forum kicaumania, burungmaster, google