Seputar Burung Kutilang Lengkap mulai dari Jenis, Harga dan perawatannya

Burung Kutilang  | Walapun saat ini burung kutilang agak dipandang sebelah mata oleh para kicaumania. Ternyata burung kutilang memiliki beragam kelebihan yang belum banyak di ketahui. Salah satu kelebihan dari urung kutilang adalah memiliki mental tempur yang bagus, memiliki gaya tarung yang khas, bisa menirukan beragam suara burung lain, perawatan yang lumayan mudah dan tidak terlalu ribet. Walaupun demikian bagi sebagian para kicaumania, Burung KUtilang bisa menjadi salah satu “Musuh” untuk burung lomba.

Ada yang beranggapan jika memilihara burung kutilang dan burung lomba dalam satu rumah dan sering di dekatkan maka burung lomba tersebut bisa jadi mentalnya menjadi down. Menginggat tilang / kutilang memiliki mental yang lumayan bagus dan bahkan tidak kalah dengan burung seperti kacer maupun murai batu.

Seputar Burung Kutilang Lengkap

Selain hal tersebut ada juga yang bilang jika suara burung kutilang kurang bagus jika di tirukan oleh burung lomba. Apapun alasanya sebenarnya menurut saya pribadi burung kutilang tetaplah memiliki suara yang enak di dengarkan (tergantung selara masing-masing)

Jenis Jenis Kutilang

Disini saya hanya akan membahas mengenai dua jenis burung kutilang yang populer di indonesia diantaranya burung kutilang emas, burung kutilang biasa dan burung k dan berikut penjelasannya.

Kutilang Emas

Burung Kutilang emas

Burung Kutilang emas

Dalam bahasa kerennya (ilmiah) kutilang emas di sebut juga dengan Pycnonotus melanicterus Berbeda dengan burung kutilang jambul / kutilang biasa. Suara burung kutilang emas ini dinilai bagus untuk di jadikan sebagai burung masteran. Ciri khas dari burung kutilang emas ini adalah warnanya yang didominasi oleh kuning tua yang agak kehijau-hijauan dan dipadukan dengan kepala yang berwarna hitam.

Baca juga : 7 Jenis Burung Kenari Terbaik

Kutilang Jambul / Biasa

Burung Kutilang

Burung Kutilang

Kutilang / ketilang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Pycnonotus aurigaster. Kutilang jenis ini memang cukup mudah di temui terutama di jawa. Dengan warna dan ciri khas yang dimiliki burung ini cukup mudah untuk di kenali. Salah satu ciri yang dimiliki oleh burung ini adalah warna putih keabu-abuan yang dipadukan dengan warna hitam di beberapa bagian seperti kepala, sayap dan ekor. Selain itu burung kutilang jenis ini memiliki suara dan mental yang menurut saya paling bagus jika di bandingkan dengan jenis kutilang lain.

Pemeliharaan Burung Kutilang

Untuk pemeliharaan burung kutilang bisa dikatakan cukup mudah dalam pemeliharaan yang terpenting adalah menyediakan pakan yang cukup dan menjaga kebersihan kandang. Selain itu anda juga bisa sesekali menjemur dan memandikan burung kutilang untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Makanan

Untuk makanan sendiri burung kutilang cukup mudah untuk di beripakan anda bisa memberikan pakan berupa buah-buahan dan juga serangga seperti jangkrik, kroto dan ulat kandang sebagai pakan tambahan. Akan tetapi jika anda tidak ingin ribet dan lebih hemat anda bisa mencoba untuk memberikan voer untuk burung kutilang.

Kandang

Sedangkan kandang anda bisa meletakan burung kutilang di kandang yang seukuran dengan burung kacer ataupun cucak ijo. Ada beberapa hal penting yang wajib ada dalam kandang burung kutilang diantaranya wadah air, wadah pakan, gantungan untuk menaruh buah seperti pisang atau pepaya dan juga yang tidak kalah penting adalah tangkringan.

Harga Burung Kutilang

Dari segi harga ada perbedaan antara harga kutilang emas dan kutilang biasa. Berdasarkan informasi dari sumber terpercaya. Harga kutilang emas bakalan berkisar Rp 50.000 sedangkan untuk burung kutilang biasa harga bakalannya berkisar Rp 30.000.

Baca : Daftar Harga Burung Lengkap

Sedangkan untuk burung kutilang emas yang gacor harganya berkisar antara Rp 150.000 – Rp 300.000. sedangkan untuk kutilang biasa harga yang sudah jadi berkisar di angka Rp 100.000. Harga yang anda temui bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah jika di bandingkan dengan harga yang saya sebutkan di atas. Mengingat dalam dunia burung harga itu relatif tidak ada batas bawah ataupun batas atas.