Burung Cucak Ijo, Harga Jenis, Gambar & Suara Kicauannya

Burung Cucak Ijo (Chloropsis sonnerati) merupakan salah satu jenis burung berkicau yang memiliki ciri khas warna hijau hampir di seluruh bagian tubuhnya. Walaupun memiliki nama “CUCAK” ternyata burung cucak ijo bukan merupakan satu suku dengan burung cucak jawa maupun cucak rowo akan tetapi cucak ijo masuk kedalam suku Chloropseidae yang berkerabat dengan burung yang sering disebut cipoh / sirtu.

Secara fisik burung cucak ijo memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar dengan panjang berkisar 22Cm (ujung paruh sampai ujurung ekor). Sesuai dengan namanya Cucak ijo memiliki warna dominan hijau di seluruh tubuhnya akan tetapi untuk cucak ijo yang berjenis kelamin jantan pada umumnya memiliki bulu berwarna hitam di bagian bawah paruhnya.

Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo sumber gambar : Disini

Untuk perilakunya sendiri burung cucak ijo di alam liar sebenarnya merupakan burung yang kerap berkelompok. Para kicau mania indonesia sering memasukan burung cucak ijo dalam kategori semi fighter seperti burung pleci karena dasarnya burung tersebut yang lebih sering hidup berkelompok. Berbeda dengan burung murai atau kacer yang termasuk dalam burung fighter yang memang dari asalnya burung tersebut lebih suka hidup sendiri dengan menjaga daerah teritorialnya.

Jenis – Jenis Burung Cica Daun

Berdasrkan informasi dari omkicau.com yang membahas mengenai burung cucak ijo. Ada beberapa jenis burung Cica daun yang dapat di temui di indonesia diantaranya :

Cica Daun Besar / Cucak Ijo / Chloropsis sonnerati

Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo

Jenis burung ini memang paling sering dijumpai dan paling sering di pelihara juga. Sebenarnya saya pribadi juga masih agak binggung kebanyakan kicau mania di indonesia menyebut kurang lebih ada 3 jenis burung cucak ijo berdasarkan daerah asalnya yakni cucak ijo sumatra, cucak ijo kalimantan dan juga cucak ijo banyuwangi. Berdasarkan sumber di internet yang membedakan 3 burung cucak ijo diatas adalah postur / ukuran tubuhnya. Akan tetapi hal tersebut belum bisa 100% menjamin kebenarannya.

Baca Juga : Seputar Burung Kutilang Lengkap.

Cica Daun Kecil / Chloropsis cyanopogon

Burung Cucak Ijo mini

Burung Cucak Ijo mini foto: Hawkeyes a.k.a Kiah

Sering disebut juga dengan burung cucak ijo mini. Secara fisik burung ini memang mirip dengan burung Cica daun besar akan tetapi yang membedakanya adalah burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika di bandingkan dengan cucak ijo biasa. untuk perbandinganya sendiri Cucak ijo biasa pada umumnya memiliki panjang 22CM sedangan Cucak ijo mini pada umumnya hanya memiliki panjang sekitar 17CM.

Cica Daun Sayap Biru / Chloropsis cochinchinensis

Cucak ijo sayap biru

Cucak ijo sayap biru

untuk jenis burung ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan burung cica daun lainnya. Jika anda perhatikan burung ini memiliki warna biru di sekitar sayapnya. Berdasarkan informasi dari wikipedia, burung cica daun sayap biru ini memiliki daerah persebaran di asia tenggara yang meliputi kalimantan dan ada juga yang di jawa.

Coca daun dahi emas / Chloropsis aurifrons

Seperti namanya burung ini memiliki ciri khusu berupa warna emas / kekuning-kuningan yang terdapat di dahinya.

Cica daun dahi biru / Chloropsis venusta

cucak ijo dahi biru

cucak ijo dahi biru sumber gambar : http://animalia-life.club/

Tidak seperti Cica daun besar yang memiliki warna hitam di bagian kepalanya burung Cica daun dahi biru ini malah memiliki “Topeng” yang berwarna biru pada bagian kepalanya. berdasarkan informasi dari animalia-life burung ini hanya dapat di temukan di sumatra.

Suara burung Cucak ijo / Chloropsis sonnerati

Dari segi suara burung ini memang sangat pantas diperhitungkan sebagai burung kicauan yang memiliki banyak penggemar. Selain memiliki suara yang bagus dan enak di dengar burung cucak ijo ternyata juga memiliki gaya khas ketika sedang bertarung.

Burung Cucak ijo ngentrok itulah sebutan bagi cucak ijo yang sedang berkicau sambil menundukan kepaanya dan agak melebarkan sayapnya.

Selain itu ketika sedang berkicau cucak ijo pada umumnya tidak terlalu agresif. Dalam artian burung ini hanya akan diam di satu titik / satu tangkringan saja akan tetapi tidak semua cucak ijo memiliki karakter seperti itu. jika anda penasaran mengenai suara cucak ijo anda bisa langsung mendengarnya melalui link di bawah ini :

Aneka suara cucak ijo kualitas terbaik

 

Harga Burung Cucak Ijo

Harga burung itu relatif tidak ada batasan bisa saja harga yang anda temui sangat murah atau sangat mahal itu semua tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. Namun pada umumnya untuk memudahkan dalam transaksi burung di bagi menjadi tiga bagian burung bakalan, burung jadi, burung juara. Tentu setiap kelas memiliki harganya masing masing cukup banyak faktor yang mempengaruhu harga jual burung. Untuk informasi lengkap seputar harga burung anda bisa mengunjugi halaman di bawah ini.

Baca juga : Daftar Harga Burung Lengkap

Keyword : cara perawatan cucak ijo, cucak ijo mp3, cucak ijo gacor mp3, cucak ijo betina, ciri cucak ijo yang bagus, cucak ijo banyuwangi, harga cucak ijo, download suara cucak ijo gacor juara