4 Keuntungan Memiliki Kenari Betina Yang jarang orang ketahui

Keuntungan Kenari Betina – Banyak orang yang menganggap bahwa anakan kenari betina kurang menarik untuk dipelihara. Pasalnya anakan kenari betina tidak bisa dilatih untuk dijadikan kenari kontes. Walaupun  anakan kenari betina kalah pamor jika dibandingkan dengan yang jantan, akan tetapi anakan kenari betina memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri bagi para peternak burung kenari. Apa sajakah keuntungannya? Berikut ulasannya.

Keuntungan Memelihara Anakan Kenari Betina

Kenari (source: pixabay.com)

Regenerasi

Dalam setiap penangkaran burung kenari pasti ada regenerasi atau peremajaan. Hal ini dimaksudkan untuk terus memperoleh jenis burung kenari unggulan. Burung kenari yang bagus lahir dari indukan yang bagus pula. Maka dari itu, calon indukan burung kenari harus dipersiapkan dengan baik dari jauh-jauh hari.

Jika kamu punya anakan kenari betina, maka rawat dan peliharalah dengan baik karena dalam masa satu tahun kedepan, anakan betina itu bisa menjadi calon indukan yang bagus untuk memperoleh bibit-bibit kenari unggulan lainnya.

Tabungan sampingan

Walaupun anakan kenari betina kurang peminatnya, akan tetapi jika disudah dirawat dengan baik dan tumbuh menjadi indukan yang bagus maka ia juga akan mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Saat musim kawin tiba, akan banyak yang mencari indukan yang bagus untuk dikawinkan dengan kenari jantan mereka. Jika anda sudah memiliki indukan sendiri, maka anda tidak perlu mencari-cari indukan lagi. Selain itu anda juga menjualnya kepada peternak lain yang pastinya akan mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Baca Juga : Bahan Untuk Sarang Burung Kenari

Hasil produksi lebih berkualitas

Kenari anakan yang kita produksi sendiri dari kecil, kita akan lebih mudah mengenali karakternya seperti apa. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pemilihan pejantan yang berkualitas yang sesuai dengan bivit, bebet dan bobot indukan kita. Jika kita merawat sendiri calon indukan kenari, maka kita akan lebih mudah menjaga kualitas karena jelas persilangan dari jenis kenari mana saja kenari kita nanti. Indukan yang bagus juga akan melahirkan kenari yang bagus dan berkualitas pula.

Ujung tombak peternakan

Anakan kenari betina merupakan ujung tombak dari sebuah peternakan burung kenari. Anakan kenari betina akan tumbuh dan menjadi indukan untuk keberlangsungan peternakan tersebut. Kenari betina akan bertelur dan merawat anakan kenari jantan sampai ia mandiri dan bisa hidup sendiri. Selama masa itu, kenari betinalah yang mengambil peranan penting sebelum ia dipisahkan dengan anakan-anakan tersebut.

Baca Juga : Download Suara Pancingan Kenari Betina Agar Kenari Jantan Mau Berkicau

Demikianlah ulasan tentang beberapa alasan kenapa kita tidak boleh memandang sebelah mata anakan kenari betina. Walaupun kenari betina tidak bisa dilombakan, tetapi jika dirawat dan dipelihara dengan baik, kenari betina juga akan mendatangkan keuntungan bagi peternak burung kenari. Maka dari itu, mulailah untuk memperhatikan anakan kenari betina agar kita juga bisa mengambil hasilnya. Selamat membaca.. semoga bermanfaat…