Cara Efektif Membedakan Cendet Jantan Dan Betina Lengkap

Cendet / Pentet Jantan dan Betina, Burung Cendet memeiliki nama lain burung pentet. Burung Cendet merupakan burung kicau. Ia memiliki variasi kicauan yang sangat bagus. Burung Cendet merupakan genus dari Turdidae. Cendet dapat meniru suara kicauan yang dimiliki burung lain sehingga penghobi burung banyak menfavoritkan burung ini.

Dahulu memang burung ini kurang banyak peminatnya sehingga harganya masih belum melambung seperti sekarang. Semenjak banyak yang mengetahui bahwa selain keindahan penampilannya yang dapat dinikmati, suara Cendet juga dapat memanipulasi suara burung lain. Banyak orang berlomba memiliki burung ini serta berupaya mendapatkan kualitas yang baik.

Selain digunakan untuk kesenangan pribadi, Cendet juga diikutkan dalam lomba. Apabila sang pemilik memiliki banyak burung dirumahnya, suara Cendet yang memiliki ciri ngerol mampu memenangi kicauan burung lain yang terdapat dalam rumah tersebut.

Tergantung pola pemasterannya Cendet dapat memiliki lagu yang bervariasi yang dapat menjadi daya tarik tersendiri. Burung yang banyak memiliki nama lainini tersebar dibeberapa tempat di dunia secara bermacam macam jenis misalnya di Asia, Asia Tengah, Eropa, Eropa Selatan, Amerika Utara, Afrika Timur, India dan Inggis.

Burung Cendet

Burung Cendet (sumber : burungnya.com)

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis burung Cendet atau juga yang biasa disebut Bentet antara lain: burung Cendet Coklat serta Cendet Leher Hitam. Hidup burung inii adalah didalam hutan yang memiliki pohon pohon yang tinggi. Cendet memakan biji-bijian, buah dan serangga. Para pecinta burung hendakanya mengetahui cara jitu membedakan Cendet jantan dan betina lengkap. Hal itu diperlukan agar dallam membeli burung cendet dipasaran tidak salah pilih.

Perbedaan Cendet Jantan dan Betina Dewasa

Untuk membedakan Cendet jantan dan betina dewasa kita dapat melihat kenampakan fisiknya. Kita dapat memihat bagan pipi, bentuk kepala dan warna serta bagian supitnya.

Ciri Cendet Jantan Dewasa

Burung Cendet Jantan

Burung Cendet Jantan

Burung Cendet jantan dewasa memiliki warna hitam yang mencolok pada bagian pipinya (samping kanan dan kiri dari wajah burung). Warna hitam ini juga sering disebut hitam pekat. Warna Cendet jantan lebih indah karena warna yang dimilikinya lebih kontras. Selain itu kepala jantan agak ceper atau mendatar. Lebih jelas lagi apabila kita amati bagian supit atau anusnya. Ciri – ciri pejantan cendet adalah sama dengan kebanyakann burung lainnya aitu kecil memanjang.

Ciri Cendet Betina Dewasa

Betina burung cendet dewasa memiliki beberapa ciri. Ciri Cendet betina dewasa yang pertama dapat kita lihat dan perhattikan mulai dari bagian pipi. Pipi burung Cendet betina biasanya hitam pudar atau semu, ebih mengarah pada warna abu abu. Wrna bulu Cendet betina secara keseluruhan dari kepala sampai ekor yaitu kurang kontras sehingga kurang menarik.

Baca Juga : Ciri Blackthroat Jantan dan Betina Lengkap

Bagian kepala Cendet betina menggelembung sedikit. Kita bisa menyebutnya oval. Sedangkan apabila diteliti bentuk anus atau supitnya, si Cendet betina supitnya besar dan tidak memanjang

Perbedaan Cendet Jantan dan Betina Trotolan

Trotol Burung Cendet

Trotol Burung Cendet (sumber : http://alvancms.blogspot.co.id)

Burung Cendet ketika masih anakanpun dapat dibedakan secara fisik. Mari simak!

Ciri Cendet Jantan Trotolan

Cendet jantan anak atau tritol memiliki warna varisi yang hitam pada bagian ekor, sain pada fisik tentu saja dapat kita amati secara pasiti supitnya. Selain pada ekor, warna putih pada bagian slip sayap burung juga dapat menjadi patokan. Cendet Jantan trotolan saat membuka sayap akan nampak warna putih yang terang. Cendet jantan trotolan atau anakan memiliki supit panjang dan kecil disertai dengan bulu yang membentuk motif garis yang tidak beraturan pada bagian supitnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Cendet Salto

Ciri Cendet Betina Trotolan

Sedangkan untuk Cendet betina trotolan, kita lihat pada bagian eor dan supitnya juga. Pada Cendet betina warna hitam yang ada pada ekor lebih tidak jelas, samar, dan keabu – abuan. Cendet betina trotolan saat membuka sayap akan nampak warna putih kusam. Untuk mengetahui secara pasti dapat kita lihat pada bagian anus burung. Burung Cendet yang betina memiliki supit besar dan bulu dengan motif garis teratur seperti bunga.

Kesimpulan

Itulah tadi cara jitu membedakan Candet jantan dan betina lengkap perlu di ketahui cara diatas tidak menjamin 100% keakuratanya, akan tetapi jika anda mengikuti cara di atas untuk menentukan jenis kelamin burung cendet saya yakin peluang anda mendapatkan burung cendet sesuai jenis kelamin yang anda inginkan akan semakin tinggi. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.