Ciri Blackthroat Jantan Dan Betina Dewasa dan Trotolan Lengkap

Burung Blackthroat Jantan dan Betina, nama lain dari burung ini adalah burung black-throated canary. Burung ini satu kerabat dengan burung kenari sehinggaBurung Blackthroat berasal dari Afrika. Burung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1981. Nama ini diambil dari penampakannya yang seperti memakai dasi. Di indonesia burung ini hanya memiliki dua jenis variasi warna yaitu putih keabu-abuan dan kekuninggan

Meskipun tubuhnya kecil, Burung blackthroat adalah burung yang dinikmati kicauannya. Senjatanya yang mengagumkan adalah ngerolnya dan nembaknya yang memukau pendengaran para pencinta burung. Selain suaranya yang menarik, penampilannya yang indah juga membuat peminat burung ini semakin melonjak. Saat memelihara burung ini, para pecinta burung selalu menanti suaranya. Apabila mula membuka paruhnya burung blackthroat mampu memukau pemiliknya. Biasanya suara burung blackthroat jantan akan bervariasi saat ngerol daripada yang betina. Jadi, bila anda ingin memelihara burung ini alangkah lebih baik apabila anda memilih yang berjenis kelamin jantan. Oleh karena itu marilah kita membedakan ciri ciri burung blackthroatjantan dan betina dewasa dan trotolan.

Perbedaan burung Blackthroat Jantan dan Betina Dewasa

Burung Blackthorat

Burung Blackthorat

Bagi awam cara membedakan burung Blackthroat jantan dan Betina masih sangat sulit. Perbedaan burung Blackthroat jantan dan betina dewasa dapat didengar dari ngerol nembaknya. Burung jantan juga lebih panjang durasi berkicaunya. Suaranya panjang dan tidak terputus putus. Burung betina juga memiliki kelebihan yaitu bunyinya dapat digunakan untuk memancing blackthroat jantan. Apabila si jantan macet bersuara maka dapat ddipancing menggunakan Blackthroat betina.

Ciri Burung Blackthroat jantan

Burung Blackthorat jantan

Burung Blackthorat jantan (Sumber : YT | doviero)

Untuk mengetahui ciri ciri burung Blackthroat jantan dan betina dewasa kita bisa melihat penampakan fisiknya. Kepala burung blacktroat jantan lonjong dan tampak lebih besar. Burung jantan memiiki paruh yang tebal panjang serta seimbang antar paruh bagian atas dan paruh bagian bawah. Leher burung jantan jenjang. Panjang posturnya sekitar 12cm dan memiliki postur panjang, besar dan tegap. Postur burung Blackthroat menentukan kekuatan mental untuk berkicau.

Pada bagian tenggorokan si jantan berwarna hitam pekat. Suara burung jantan ngerol nyaring dan lebih bervariasi. Apabila kita meraba bagian kloaka kita juga bisa menentukan apakah burung tersebut jantan atau betina. Bagian kloakanya menonjol sebesar biji kacang hijau dan terdapat bulu rawis.

Ciri Burung Blackthroat betina

Ciri ciri burug Blackthroat betina akan dipaparkan disini. Paruhnya terlihat lebih tipis. Selain paruhnya ciri ciri lainnya yaitu lehernya lebih pendek. Kepalanya tampak kecil dan bulat. Selain itu, tubuh blacktroat juga bulat.

Baca Juga : Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Dewasa dan Trotol Lengkap

Jika diperhatikan lehernya tampak warna hitam yang sedikit samar. Suara si betina terdengar kurang nyaring dan terdengar lebih monoton dibandingkan si jantan juga kurang bervariasi. Kemudian kita bisa melihat pada bagian kloaka. Kita bisa meraa kloaka si burung.Dubur atau kloaka pada blackthroat betina hanya lubang keluar kotoran yang datar

Perbedaan Burung Blackthroat jantan dan Betina Anakan

Untuk menentukan burung blackthroat anakan itu jantan atau betina mari kita simak ciri ciri burung blacktroat jantan dan betina anakan di bawah ini.

Ciri Burung Blackthroat jantan

Diperlukan kejelian dalam membedakan anakan Blackthroat. Untuk Blackthroat jantan trotol yang paling mudah adalah tanda bintik atau corak trotol pada bagian leher dalam. Corak ini akan terlihat hitam pekat dengan jumlah yang lebih banyak.

Ciri Burung Blackthroat betina

Setelah kita ketahui bahwa anakan blackthroat jantan memiliki trotol dibagian leher yang berwarna hitam pekat, trotol di bagian leher pada betinanya lebih memiliki warna putih namun samar.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah untuk memberdakan burung Blackthroat jantan dan betina memerlukan ketelitian dan kejelian serta pengalaman yang banyak mengingat ukuran tubuh burung yang kecil. Untuk menentukan jenis kelamin burung kita dapat melihat dari bentuk dan struktur paruh, bentuk leher, bentuk kepala, bentuk tubuh, warna pada tenggorokan serta kloaka.

Baca Juga : 7 jenis burung kenari Terbaik

Kicau suara burung Blackthroat jantan lebih nyaring dan bervariasi sehingga Blackthroat jantan lebih cocok dijadikan peliharaan untuk ditonjolkan suaranya. Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri burung Blackthroat jantan dan betina mulai dari dewasa dan anakan