4 Cara Yang bisa dilakukan Agar Warna Bulu Kenari Terlihat Cerah Dan Indah

Cara Agar Warna Kenari Lebih Bagus – Selain Memiliki suara yang merdu Kenari memang memiliki beragam warna yang cukup unik, mulai kenari yang berwarna kuning sampai kenari yang berwarna merah / orange. Ada banyak jenis lomba yang bisa diikuti oleh berbagai jenis burung peliharaan. Selain dari diikutsertakan dalam lomba kicauan namun burung peliharaan biasanya juga bisa diikutkan dalam jenis lomba keindahan/kecantikan. Ukuran kecantikan seekor burung biasanya dilihat dari bentuk tubuh dan juga warna bulu yang dimilikinya. Oleh karenanya melakukan perawatan burung kenari dengan tepat merupakan hal yang sangat penting agar kenari tersebut enak dipandang mata.

Namun sayangnya tidak jarang dari penggemar burung kenari yang tidak mengetahui cara perawatan tepat agar bulu burung kenari terlihat cerah nan indah. Alhasil bulu burung kenari yang tadinya cerah dan terlihat indah berubah menjadi kusam serta tidak enak dipandang. Lalu bagaimana cara melakukan perawatan bulu burung kenari agar terlihat cerah dan indah. Berikut ini ada sedikit tips yang bisa digunakan.

Perawatan Bulu Burung Kenari Agar Terlihat Cerah Dan Tidak Kusam

 

Kenari (source: britannica.com)

Lakukan pemberian minyak ikan

Penyebab bulu burung kenari kusam yakni kurangnya produksi minyak ikan pada bulu burung. Oleh karenanya pemberian minyak ikan pada burung kenari menjadi hal yang sangat penting. Pemberian minyak ikan ini bisa dilakukan sesekali dan jangan berlebihan. Karena tujuannya yakni untuk menjaga kondisi bulu burung kenari supaya terlihat mengkilat. Untuk cara pemberiannya sendiri sangat mudah. Cukup campurkan minyak ikan ke dalam pakan burung kenari seperti telur puyuh, sayuran, biji-bijian, atau lainnya.

Mandikan kenari dengan tambahan bahan tertentu

Jika selama ini memandikan burung kenari cukup dengan air tawar saja, namun Anda juga bisa memanfaatkan bahan lain untuk dicampurkan dalam air tawar tersebut saat memandikan burung kenari seperti misalnya cuka apel (2 sendok untuk 1 liter air), air jeruk nipis (5 tetes untuk 1 liter), garam inggris (1 gram untuk 1 liter), dan juga freshAves (5 gram untuk 1 liter) yang dapat dipilih salah satunya.

Baca Juga : 9 Kenari Dengan Warna Cantik Dan Suara Merdu, Cocok Untuk Lomba Dan Dipelihara

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menambahkan bahan-bahan tersebut, seperti cuka apel yang berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bulu burung serta mengandung antiseptic plus antiparasit. Jeruk nipis yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran serta lemak yang menempel pada bulu, garam inggris bermanfaat untuk membersihkan dan membunuh bakteri pada kulit dan bulu burung kenari, dan freshAves yang sangat berguna untuk menyehatkan bulu kenari yang kusam serta mencegah sekaligus membasmi parasit pada kulit dan bulu (berlaku untuk semua bulu burung).

Perhatikan tata cara menjemur burung kenari

Jika memiliki kebiasaan menjemur langsung burung kenari setelah dimandikan bahkan saat burung tersebut masih basah kuyup, sebaiknya hentikan kebiasaan yang satu ini karena hal inilah yang menjadikan bulu burung kenari menjadi kusam. Setelah kenari dimandikan tunggulah sampai kenari tidak basah kuyup atau tetesan pada bulu burung sudah tidak terlihat, setelah itu jemurlah burung kenari tersebut. Maksimal penjemuran untuk burung kenari adalah 1 jam, jika lebih dari itu maka akan menyebabkan bulu burung kenari menjadi kusam. 

Sayuran hijau juga sangat penting

Ternyata bukan hanya manusia saja yang diwajibkan untuk mengonsumsi sayuran agar tubuhnya sehat serta fit. Namun hal ini juga berlaku untuk burung salah satunya yakni burung kenari. Sayuran hijau bisa dijadikan sebagai pakan kenari karena sangat penting untuk kesehatan tubuh maupun keindahan bulu burung kenari.

Baca Juga : Jenis-Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Suara Burung Kenari

Sayuran hijau memang memiliki kandungan bayak vitamin di dalamnya dan juga betacarotin yang sangat baik untuk menjaga keindahan bulu burung agar tidak kusam dan juga semakin mulus. Jenis sayuran yang bisa dijadikan pakan seperti sawi hijau. Selain dari sayuran hijau, jenis sayuran lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu burung kenari seperti tomat, wortel, bayam, paprika merah, selada, dan ubi jalar.

Yellow Canary (source: singing-wings-aviary.com)

Menjaga pola hidup yang sehat untuk burung kenari memang sangatlah penting. Selain bertujuan untuk menjaga kesehatan burung kenari namun hal ini juga sangat penting untuk menjaga keindahan bulu pada burung kenari. Bulu burung yang cerah nan indah juga menjadi salah satu cirri bahwa burung tersebut memiliki tubuh yang sehat. Oleh karenanya berbagai tips di atas sangatlah penting untuk dilakukan bukan hanya untuk burung kenari saja namun juga bisa diterapkan untuk berbagai jenis burung lainnya.

Baca Juga : Kenali 13 Jenis Burung Lovebird Berdasarkan Warna yang Dimiliki

Keyword : cara merubah warna kenari kuning menjadi merah, obat pemerah bulu kenari, cara merawat bulu kenari biar bagus, pakan kenari merah lokal, merawat bulu kenari kuning, memunculkan warna merah pada kenari, pakan kenari biar warnanya merah, obat pewarna bulu kenari