9 Kenari Dengan Warna Cantik Dan Suara Merdu, Cocok Untuk Lomba Dan Dipelihara

Burung Kenari menjadi salah satu burung yang sempat ramai dan mendominasi pasar burung di Indonesia ini memang memiliki warna bulu yang cantik dan suara yang merdu, jadi tidak heran jika banyak masyarakat yang berminat memelihara jenis kenari ini. Ada 3 jenis kenari yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk dilombakan atau dipelihara saja, yakni jenis kenari impor, lokal, dan jenis kenari hasil persilangan antara impor dan lokal.

Selain dari suaranya yang merdu, daya pikat burung kenari sendiri berada pada warna bulu kenari yang unik dan cantik-cantik. Berikut ini ada beberapa nama jenis burung kenari dengan bulu burung yang paling cantik dan memiliki suara yang merdu sekali, selain itu cara memaster burung yang satu ini juga terbilang sangat mudah.

9 Warna Kenari Yang Populer

Warna Kenari Terbaik

Warna Kenari Terbaik

Kenari Yorkshire

Yorkshire Canary (source: birdclubs.org.nz)

Burung kenari yang satu ini merupakan hasil persilangan dari kenati Lanchasire dan juga kenari Belgia,  kenari yang dulunya hidup di hutan terbuka ini memiliki bentuk dada yang hampir mirip dengan wortel yang dibalik. Makanan untuk jenis kenari ini bisa berupa biji-bijian, buah, serat kayu, serangga kecil, dan biasanya di alam mereka juga memakan daun-daunan tertentu.

Panjangnya sendiri sekitar 15 cm dengan postur tubuh yang tegap dan warna yang cerah dan menawan seperti kuning, merah, dan ada yang berwarna hijau, selain itu pada bagian kakinya juga lebih panjang dibandingkan jenis kenari lainnya. Jadi jangan heran jika jenis kenari yang satu ini dihargai dengan harga yang sangat mahal. Jenis kenari yang satu ini sangat cocok diikutkan dalam kontes, terutama jika penilaiannya dilihat dari segi keindahan. 

Kenari Border

Border Canary (source: Budidayakenari.com)

Kenari yang merupakan hasil persilangan antara kenari Inggris dan kenari Skotlandia ini berasal dari Cumberland Facy. Memiliki cirri yang sangat khas yakni bentuk tubuh yang bulat nan menggemaskan, ukuran tubuhnya sendiri biasanya kurang lebih 14 cm. Burung kenari yang satu ini selain memiliki bentuk tubuh yang unik, namun juga warna bulunya sangat indah. Warna bulu Kenari Border umumnya didominasi oleh warna kuning kecoklatan dengan gradasu warna hitam yang tidak terlalu menyebar, warna bulu yang sangat cantik yang menjadikan burung yang satu ini sangat cocok dipelihara meski harganya mahal.

Baca Juga : Kenali 13 Jenis Burung Lovebird Berdasarkan Warna yang Dimiliki

Karakteristik kenari yang satu ini juga pendiam dan pemalu, jadi agak sulit untuk dikembangbiakan. Agar tidak stress, lebih amannya jangan mencoba mendekatkan burung ini dengan jenis burung lainnya seperti Parkit ataupun Lovebird.

Kenari Color Bred

Color Bred Canary (source: kicauburung.id)

Baca Juga :

Kenari yang memiliki karakteristik sangat aktif dengan warna bulunya yang sangat cantik ini memang menjadi salah satu jenis burung kenari yang rekomended untuk dipelihara, selain itu cara pemeliharaannya sendiri juga mudah dilakukan meski jenis kenari yang satu ini tidak mudah untuk diternakan. Panjang tubuhnya sendiri yakni 14 cm, warna bulu kenari Color Bred umumnya berwarna cerah-cerah sehingga sangat sedap dipandang mata.

Kenari Norwich

Norwich Canary (source: birdclubs.org.nz)

Selain dari kenari Border, kenari Norwich juga memiliki bentuk dan rupa yang sangat unik dan mudah dibedakan dengan jenis kenari lainnya. Ada 2 jenis kenari yang satu ini, yakni kenari Norwich dengan kepala polos dan kepala standar. Bentuk tubuh kenari ini agak bulat dan juga memiliki bulu yang agak tebal dibandingkan jenis kenari lainnya, bentuk dadanya sendiri lebih lebar dan pada bagian punggungnya sendiri pendek dengan sayap yang relative lebih pendek.

Warna bulunya sendiri yang paling banyak ditemui untuk jenis kenari ini adalah hijau, namun masih ada warna lain yang bisa ditemui pada jenis burung Norwich warna putih dan juga warna kuning. Untuk panjang badannya sendiri, kenari Norwich memiliki panjang badan 16 cm (dihitungd ari paruh sampai ekor). Ada 2 tipe yang paling digemari untuk jenis kenari ini, yakni tipe repe seed dan canary seed.

Kenari impor memang biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis kenari lokal mulai dari segi keindahan bentuk tubuh, warna, atau bahkan suaranya, hal inilah yang menjadikan kenari Impor dibanderol dengan harga yang mahal. Meski begitu ternyata ada banyak jenis kenari lokal yang juga tidak kalah bagus kualitasnya dengan jenis kenari impor, terutama jika dilihat dari segi warna bulunya seperti:

Kenari Panda

Kenari Panda (source: americansingercanary.org)

Kenari yang memiliki gradasi warna sangat menarik ini memang sangat cocok dijadikan sebagai kenari peliharaan maupun untuk diikutkan dalam lomba, kombinasi warna bulunya sendiri yakni putih dan hitam. Pada bagian kepala sampai setengah badan umumnya didominasi warna hitam kecoklatan, sedangkan pada bagian tubuh lainnya berwarna putih. Harga burung yang satu ini juga terbilang murah, sekitar Rp. 200 sampai Rp. 300-an untuk kenari dewasa, untuk harga kenari yang sudah gacor tentunya bisa lebih mahal

Kenari Putih

Kenari Putih (source: pixabay.com)

Warna Burung kenari yang melambangkan “kesucian” ini memang sangat menarik, namun jarang sekali ditemui. Ada 3 jenis kenari dengan warna ini berdasarkan warnanya, yakni putih dominan, putih resesif, dan putih silver. Perawatan jenis burung kenari yang satu ini lumayan sulit, hal ini karena faktor warna putih pada bulunya yang mudah kotor jika tidak dirawat secara telaten dan rajin.

Baca juga : Penjelasan Kenari F1, F2, F3, AF, Yorkshire, Import Lengkap dengan Gambar

Selain warna bulunya yang menawan serta elegan, kabarnya kicauan burung yang satu ini lebih lantang dibandingkan dengan jenis kenari lainnya namun pernyataan ini hanya rumor semata dan belum diketahui secara pasti mengenai kebenarannya. Karena masih masuk jenis kenari lokal, harga kenari putih tidak terlalu mahal dan masih berada di kawasan harga ratus ribuan saja.

Kenari Merah

Kenari Merah (source: omkicau.com)

Meski warna sebenarnya adalah oranye, namun karena orang-orang terlanjur menamakan kenari merah. Kenari yang memiliki sebutan lain sebagai Kenari Wortel ini memiliki warna bulu berwarna oranye kemerahan dengan warna yang cerah, karenanya termasuk dengan jenis kenari yang digemari karena warnanya. Agar warna bulunya tetap cantik dan segar, biasanya diberikan pakan wortel di sela-sela makanan utamanya. Harga jual untuk jenis kenari ini juga sangat tinggi, karena kenari merah saat ini menjadi jenis kenari favorit yang banyak dicari.

Kenari Kuning

Kenari Kuning (source: jitunews.com)

Kenari yang memiliki warna umum kenari ini memang sangat indah dan menarik, meski dominasinya sendiri warna kuning namun kadang kala ada juga warna lain yang menghiasinya yakni putih. Jenis kenari ini dibedakan dalam 3 jenis berdasarkan warnanya, yakni kuning melanin, kuning lipochrome, dan kuning polos.

Kenari Hijau

Kenari Hijau (source: pixabay.com)

Warna unik yang menjadikan kenari ini menarik. Sesuai dengan namanya warna bulunya didominasi dengan warna hijau dan pada bagian dadanya berwarna kuning bercampur warna kehitam-hitaman. Pada bagian tubuhnya sendiri, kenari ini berwarna hijau tua dengan campuran warna cokelat belang dan kehitam-hitaman.

Selain dari berbagai jenis kenari lokal di atas, sebenarnya masih ada jenis kenari lokal lainnya yang tidak kalah menarik. Seperti kenari Isabel, kenari Sunkist, Kenari Biru, dan lainnya namun tidak ada ulasan mendalam mengenai berbagai jenis kenari ini.

Berbagai jenis kenari lokal di atas tentunya sangat cocok untuk dijadikan peliharaan. Bahkan ada beberapa diantara jenis kenari tersebut yang juga memiliki suara sangat merdu dan tentu saja bisa diikutkan dalam berbagai lomba.

Sebenarnya masih banyak jenis kenari lainnya yang memiliki warna cantik dengan paduan suara yang sangat indah. Entah itu jenis kenari impor, lokal, atau kenari berupa hasil persilangan. Jadi ingin mencoba memelihara jenis kenari yang mana? Siapkan budget yang besar untuk bisa membeli salah satu dari 3 jenis kenari di atas, karena harganya terbilang mahal.

Keyword : kenari lokal yg bagus warna apa, warna kenari termahal, warna kenari favori,t jenis kenari yang paling bagus kicauannya, jenis kenari lokal terbaik, jenis kenari lokal super, kenari warna bon, warna kenari yang bagus untuk kontes