Begini Tips Agar Anis Merah Teler Istimewa Yang Bisa Anda Coba

Bagaimana cara agar burung anis Merah Bisa Teler ? Burung Anis Merah memang menjadi salah satu burung populer yang ada di kalangan masyarakat, bukan hanya populer dijadikan sebagai burung kicauan namun burung yang satu ini juga memiliki bentuk, warna, dan ciri khas tingkah laku yang sangat menarik. Salah satu hal unik yang bisa ditemukan pada burung yang satu ini adalah ia mampu berkicau bahkan saat teler, yakni sebuah tingkah laku menggoyang-goyangkan kepala ke kanan dan kiri dengan tubuh yang lemas.

Tingkah laku Anis Merah teler ini menjadi sebuah pemandangan yang sangat menarik, tidak heran karenanya ada banyak masyarakat yang menyukai jenis burung yang satu ini. Penyebab burung Anis Merah memiliki tingkah laku ini dasarnya ada 2, yakni usia dan ketertarikannya terhadap Anis Merah betina. Jika ingin mendapatkan Anis Merah teler, sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini.

Anis Merah Teler (source: hewan.co)

Pilihlah Anis Merah Jantan

Burung Anis Merah teler berjenis kelamin jantan tentu saja yang paling rajin berkicau, karena hal ini dilakukannya untuk menarik perhatian dari Anis Merah betina. Kicauannya yang lantang dan juga bervariasi menjadikan Anis Merah jantan sebagai burung peliharaan yang wajib dipelihara jika ingin Anis Merahnya segera teler.

Ada banyak cara untuk menentukan jenis kelamin Anis Merah sebelum melakukan pembelian, bisa dicari lewat berbagai situs penghobi burung. Akan tetapi yang jadi permasalahan adalah cara membedakan anis merah jantan dan betina. Terlebih yang sudah dewasa bisa dikatan secara sepintas tidak ada perbedaan yang cukup mencolok dari segi warna bulu, ukuruan maupun tingkah lakunya. Akan tetapi jika burung masih anakan anda bisa mencoba cara berikut :  Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina Lengkap.

Lihat Usianya

Pastikan membeli Anis Merah jantan yang memiliki usia 8 bulanan, karena pada usia ini Anis Merah jantan mulai menunjukan insting dasar ketertarikannya pada Anis Merah betina.

Mandi Malam 

Agar burung Anis Merah bisa segera teler, maka diperlukan berbagai perawatan yang baik. Salah satunya yakni kegiatan mandi secara teratur, sebaiknya Anis Merah dimandikan pada pagi hari dan malam hari (hal ini dilakukan agar tubuh Anis Merah tetap sejuk karena habitat hidupnya yang berada di wilayah dingin) dengan cara menyemprotkan air secara halus pada burung dan kemudian jemur burung hingga kering (sekitar 1 jam-an).

Beri Anis Merah Pakan Yang Berkualitas

Tidak aneh memang pemberian pakan yang tepat untuk burung Anis Merah agar segera teler memang sangat penting, dengan makanan yang tepat kebutuhan hidup dan asupan nutrisi bisa terjaga dengan baik dengan begitu Anis Merah bisa melakukan aktifitas dengan baik pula. Ada beberapa pakan yang bisa membuat Anis Merah cepat teler, selain dari pemberian Voer namun juga bisa diberikan pakan seperti pepaya, apel, maupun pisang yang bisa diberikan secara bergantian agar Anis Merah milik Anda tidak bosan.

 Lakukan Pemasteran Dengan Rutin

Istilah pemasteran tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, kegiatan yang satu ini tentunya sangat penting untuk memicu agar Anis Merah teler dengan cepat. Biasanya pemasteran dilakukan dengan memperdengarkan rekaman burung, namun mendekatkan sangkar Anis Merah jantan ke sangkar Anis Merah betina juga merupakan cara paling efektif.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mendapatkan Anis Merah teler secara cepat, meski dibilang cepat tentunya proses yang harus dilakukan memang terbilang ribet namun tetap hal ini tentunya untuk hasil yang terbaik.