Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina Lengkap

Anis Merah Betina dan Jantan – Ada berbagai macam jenis burung di dunia ini. Salah satunya adalah burung yang terkenal kita sebut dengan Anis Merah atau sering juga disebut dengan burung punglor. Burung ini memiliki beberapa nama lain yaitu punglor merah, punglor cacing. Tak jarang pula burung ini disebut juga burung punglor bata atau anis bata. Burung anis merah ini memiliki daya tarik pada gaya telernya yang menjadi ciri khas. Gaya inilah yang membuat para pecinta burung kicau mendambakan burung ini.

Burung Anis Merah dapat ditemukan di Indonesia, Myanmar, Laos, Tailand, Malaysia, Pakistan, Srilangka dan beberapa negara lainnya. Meskipun jumlahnya mengalami penurunan, burung ini belum tercatat sebagai burung langka di dunia. Hal ini dikarenakan jumlah penurunannya yang belum lebih dari 30% dalam 10 tahun. Burung ini memiliki nama latin Zoothera citrina. Para peneliti hingga sekarang telah mengelompokan spesies burung ini kedalam 12 ras berdasarkan kenampakan burung di berbagai tempat. Di Indonesia sendiri Punglor Merah terdapat di beberapa pulau seperti, Sumatra, Kalimantan dan Jawa serta Bali.

Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina Dewasa

Burung Anis Merah Jantan

Burung Anis Merah Jantan Ketika sedang teler (SUmber : situsburungupdate.blogspot.co.id)

Untuk anda yang baru terjun di dunia pecinta burung dan ingin memelihara burung ini, anda perlu mengetahui perbedaan anis merah jantan dan anis merah betina. Anis merah jantan dan anis merah betina sulit dibedakan. Apabila kita hanya melihat ciri fisiknya saja maka kita akan kesulitan membedakan.

Namun sesungguhnya tetap ada perbedaan antara jantan dan betina. Pebedaan itu terletak pada kloaka, supit dan warnanya. Nah, perbedaan warna inilah yang paling sering digunakan khalayak untuk membedakan burung anis merah jantan dan anis merah betina. Burung anis merah jantan justru memiliki warna yang lebih tajam daripada anis merah betina. Kloaka anis merah jantan sempit dan runcing. Sedangkan pada si betina kloakanya besar dan lembek.

Baca Juga : Cara Membedakan Jenis Kelamin Kenari Jantan dan Betina

Untuk perilaku anis merah jantan akan mendongakan kepalanya saat bertemu dengan burung anis merah lainnya. Namun, untuk si betina tidak akan menunjukan perilaku seperti itu. Dia hanya akan mendongak dan bersiul saat melihat pejantan ketika dalam masa birahi. Untuk mengetahui cara membedaan burung Anis Merah Jantan dan Betina, anda harus memahami ciri ciri burung Anis Merah jantan maupun betina.

Ciri Ciri Burung Anis Merah Jantan.

Burung anis merah jantan lebih lincah dalam bergerak. Ia memiliki paruh yang lebih legam. Bulunya berwarna lebih tajam dengan warna yang memudar di bagian bawah paruh. Ekornya panjang. Tulang belakang dan supitnya ramping dan meruncing. Ekor burung jantan lebih panjang. Sehingga membuat postur burung ini lebih tegap dan serasi. Postur tubuh inilah yang membuat burung Anis Merah Jantan menarik.

Ciri Ciri Burung Anis Merah Betina

Apabila pada burung Anis Merah Jantan tulang supitnya kecil dan runcing, pada Burung Anis Merah Betina tulang supitnya akan terasa lebar dan lembek. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat musim kawin si betina akan mendongak dan bersiul ketika melihat pejantan. Jika di lihat septintas tubuh anis merah betina pada umumnya cenderung agak lebih bulat.  Selain itu betina juga akan mengetar-getarkan sayapnya saat birahi.

Membedakan Anis merah jantan dan betina yang sudah dewasa memang bisa dikatakan sangat sulit,

Ciri Ciri Anis Merah Jantan dan Betina Trotolan / Anakan

Cukup susah dalam membedakan anis merah jantan dan juga betina yang masih muda apalagi yang masih trotolan. akan tetapi setelah mengkumpulkan beberapa informasi berikut ini cara membedakan burung Anis Merah Jantan dan Betina Trotolan berdasarkan ciri fisik nya.

Ciri Ciri Anis Merah Jantan Trotolan

Untuk Burung Anis Merah Jantan yang masih anakan akan dapat dilihat perbedaaan dari warnanya. Burung anakan jantan berwarna gelap. Tubuh burung Anis Merah Jantan trotolan akan terlihat lebih besar dibandingkan yang betina. Burung Anis Merah Jantan Trotolan memiliki bintik yang lebih sedikit pada bulunya. Selain itu berdasarkan sumber dari kicaumaniawonosobo burung anis merah jantan trotol pada umunya tidak memiliki bercak kuning pada sayapnya.

Sayap Anis Merah punglor betina

Sayap Anis Merah punglor betina (sumber : Kicaumanawonosobo)

Ciri Ciri Anis Merah Betina Trotolan

Burung Anis Merah Betina trotolan qwrnanya lebih terang dibandingkan burung Anis Merah Jantan. Burung betina anakan lebih memiliki banyak bintik pada bulunya. Sayap betina lebih kusap.

Kesimpulan

Berikut tadi adalah cara membedakan Burung Anis Merah Jantan dan Betina Lengkap. Sehingga untuk anda yang ingin menggeluti hobi memelihara burung baik itu untuk kesenangan pribadi atau untk perlombaan, hal ini dapat dijadikan acuan untuk membeli burung yang diinginkan dipasaran serta tidak tertipu oleh penjual burung yang tidak bertanggung jawab. Akan tetapi perlu di inggat cara di atas tidak bisa menjamin 100% keakuratannya.

Source : Bentuk ekor anis merah jantan, perbedaan anis merah jantan dan betina trotol harga anis merah jantan, anis merah jantan ngeper, ciri anis merah jantan bakalan, ciri anis merah jantan birahi, anis merah betina bisa bunyi, perbedaan anis kembang jantan dan betina