Burung Cucak Rowo Papua – Jenis, Makanan & Suara Kicauannya

Burung Cucak Rowo Papua yang juga dikenal sebagi burung Cucak Rotan merupakan salah satu spesies burung yang amat digemari oleh penghobi burung ini berasal dari Papua, nama resminya sendiri Pitohui dan masuk dalam keluarga Oriolidae.

Burung yang satu ini hidup berkelompok di hutan sekitaran Papua yang seringkali ditemukan di semak-semak, banyak ditemukan di tepian hutan sampai pada ketinggian 1.500 meter mdpl.

Semua jenis burung Pitohui ini memiliki racun syaraf alkaloid pada bagian kulit dan juga bulunya, hal ini merupakan pertahanan kimia yang dimiliki Cucak Rotan yang efektif dalam menghindari ektoparasit ataupun serangan dari predator.

Burung Cucak Rowo Papua / Cucak Rotan

Gambar Burung Cucak rowo Papua

Gambar burung cucakrowo papua atau sering di sebut burung cucak rotan

Meski terbilang menyeramkan, namun racun yang tersebar di seluruh tubuh burung ini menjadikannya digandrungi oleh para penghobi burung dan perlu diingat bahwa jangan pernah melakukan kontak langsung dengan burung yang satu ini karena racun yang ada bisa menyebabkan berbagai masalh mulai dari rasa panas,  mati rasa, peradangan kulit, kesemutan, dan bahkan bisa berdampak pada kelumpuhan atau bahkan kematian.

Baca juga : Ragam Jenis Burung Kutilang Lengkap

Jenis Burung Cucak Rowo Papua / Cucak Rotan

Burung Cucak Rotan memiliki 3 jenis burung yang banyak digandrungi para penghobi burung, diantaranya:

  • Pitohui Selatan / Southern Variable Pitohui (Pitohui Uropygialis)

  • Pitohui Belang / Variable pitohui (Pitohui Kirhocephalus)

  • Pitohui Raja Ampat / Raja Ampat PITOHUI (Pitohui Cerviniventris)

Makanan Burung Cucak Rowo Papua / Cucak Rotan

 

Aneka buah buahan untuk cucakrowo papua

ilustrasi Aneka buah buahan untuk cucakrowo papua

Untk pakan utama dari burung yang satu ini berupa serangga dan juga buah-buahan kecil, namun dalam hal perawatan harian yang dilakukan penghobi burung biasanya memberikan pakan serangga yang mudah didapakan seoerti ula, kroto, dan juga jangkring.

Baca juga : Burung Prenjak

Suara Kicauan Cucak Rowo Papua / Cucak Rotan

Suara kicaua dari burung Cucak Rowo Papua / Cucak Rotan berupa suara campuran siulan yang disertai dengan cegukan keras dan berirama, kicauannya sepintas mirip kicauan Kepudang dan Samyong hanya saja suara Cucak Rotan selalu diselingi teriakan kasar yang mirip suara kucing.

Kisaran Harga

Untuk kisaran harga dari burung asal Papua ini tentunya bervariasi, mulai dari harga jawaran sampai harga bakalan. Beberap faktor yang menyebabkan harga burung Cucak Rowo Papua berebeda cukup banyak, mulai dari prestasi, jenis, asal daera, usianya, dan juga kondis fisik dari burung yang satu ini.

Namun secara umum, burung Cucak Rowo Papua memiliki kisaran harga yang paling tinggi diantara semua jenis burung Cucak Rowo, baik itu yang masih anakan maupun yang sudah besar (untuk kisaran harga paling murah burung Cucak Rowo Papua sendiri berada pada kisaran Rp. 800.000, namun beberapa burung Cucak Rowo Anakan saja ada yang menjualnya sampai Rp. 2.500.000.