Cari Apapun Seputar
Burung Kicauan

Ragam Perawatan Anis Kembang Berdasarkan Yang Sudah Berpengalaman

Perawatan Anis Kembang – Burung dengan kualitas suara yang baik merupakan idaman bagi setiap penghobi burung, termasuk jika memiliki burung kicauan andalan seperti Anis Kembang. Burung yang dalam bahasa latin disebut sebagai zothera interpres ini memang banyak diminati oleh para penghobi burung, karena ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh burung yang satu ini mulai dari suaranya yang merdu, lebih tahan stress, gampang bunyi, jarang ngeban, dan bahkan bisa terus berbunyai sepanjang tidak dikerodong atau diletakan di tempat gelap.

Untuk bisa mendapatkan kualitas suara yang baik dari burung Anis Kembang ini, tentunya perawatan yang baik harus terus dilakukan mulai dari perawatan sehari-hari, pakan, sampai kepada perawatan khusus dalam kondisi tertentu. Berikut ini ada beberapa tips atau cara perawatan harian untuk Anis Kembang yang diambil dari beberapa sumber terpercaya.

Perawatan Harian Anis Kembang

Gambar Anis Kembang

Gambar Anis Kembang

Pagi Hari

Anda bisa mengangin-anginkan Anis Kembang yang dimliki di teras pada pukul 07.00, setengah jam kemudian burung dimandikan (bisa dikeramba mandi atau dengan cara disemprot saja, tergantung dari kebiasan cara pemandian Anis Kembang milik Anda).

Agar kesehatan Anis Kembang tetap terjaga, selain memberikan pakan yang bervariasi namun juga perlu untuk membersihkan kandang secara teratur. Anda bisa menganti atau menambahka voer, air minum, maupun pakan untuk Anis Kembang agar selalu bersih dan segar.

Baca Juga : Cara Lengkap Perawatan Anakan Murai Batu

Anda bisa memberikan 2 ekor jangkrik pada cepuk  extra fooding / EF / pakan ekstra dan jangan memberikan jangkrik langsung pada burung.

Penjemuran burung dapat dilakukan mulai pukul 08.00 sampai 11.00, jadi sekitar 2 jam saja. Usahakan saat kegiatan penjemuran ini burung tidak melihat burung lainnya yang sejenis. dan perlu di ingat kalau semisal burung sudah kelhatan mangap – mangap dan loncat kesana kemari itu menandakan jika burung sudah merasa kepanasan.

Kemudian setelah itu burung bisa diangin-angikan kembali di teras selama 10 menitan saja, sangkat dan dikerodong.

Siang Hari

Burung Anis Kembang

Burung Anis Kembang (sumber : pinterst.com)

Kegiatan pemasteran untuk meningkatkan kualitas suara burung dapat dilakukan pada siang hari sampai sore hari, kira-kira mulai dari pukul 10.00 sampai 15.00 Anis Kembang kesayangan dapat dimasterkan dengan suara burung master andalan seperti suara cililin, kenari maupun suara lovebird.

Setelah melakukan pemasteran, Anda dapat mengangin-anginkan kembali Anis Kembang kesayangan selama 30 menit di teras dan boleh dimandikan kembali jika perlu. Selanjutkan berikan 1 ekor jangkrik pada cepuk EF.

Malam Hari

Pada pukul 18.00, Anis Kembang kesayangan dapat kembali dikerodong dan diperdengarkan suar masteran burung lain (masa istirahat sampai pagi hari).

Yang Perlu di Hindari

Anis Kembang

Anis Kembang (source: pinterest.com)

Jangan sampai terlalu lama menjemur anis kembang, terlebih ketika matahari sudah terik. perlu anda ketahui anis kembang merupakan burung yang kurang suka jika terlalu lama di jemur. Kecuali jika burung tersebut dalam kondisi kegemukan anda bisa menambah durasi jemurnya akan tetapi perlu di perhatikan juga memperhatikan kondisi burungnya.

Selain itu sebisa mungkin jangan sampai anis kembang stres misalnya saja jatuh dari tempat gantangan, di gigit kucing / tikus ataupun hal-hal lain yang dapat mengakibatkan burung stres. ketika anis kembang stres biasanya agak lama untuk bisa mengembalikan ke performa awal, banyakin aja di EF yang menandung banyak protein.

Penting

Untuk masalah pakan Anis Kembang, Anda bisa memberikan beraga pakan berbeda untuk burung yang satu ini karena semakin variatif menu yang disajikan untuk Anis Kembang kesayangan, maka semakin cukup nutrisi, vitamin, dan juga mineral yang bisa didapatkan oleh si burung.

Download Juga : Suara Cucak Rowo Gacor

Selain dari ragam perawatan Anis Kembang yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada jenis perawatan Anis Kembang lainnya yang bisa digunakan untuk Anis Kembang dalam kondisi tertentu.

Namun yang diuraikan di atas hanyalah perawatan harian untuk Anis Kembang dala kondisi prima, untuk jenis perawatan lainnya bisa dibaca dalam artikel lainnya.