Hobi Burung

Harga Burung Derkuku Lengkap, Bakalan, Gacor dan Sepasang (2018)

Harga burung derkuku memang relative lebih murah. Sekarang ini, burung derkuku menjadi burung peliharaan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Ciri khas dari burung ini yaitu memiliki terdapat warna abu-abu yang disertai bintik-bintik berwarna hitam.

Burung derkuku memiliki suara yang cukup unik, yakni merdu dan selalu kugeruk. Burung derkuku memiliki sebutan lain di beberapa daerah lainnya, seperti burung deruk atau tekukur. Sayangnya, burung derkuku kurang cocok dijadikan sebagai burung kicau khususnya bagi kicau mania sebab suaranya cenderung monoton.

Selain sebutan yang berbeda di beberapa daerah lain, burung derkuku juga mempunyai nama asing, yang disebut sebagai Spotte dove. Selain itu, burung ini sebenarnya masih sejenis burung merpati, dan termasuk ke dalam family columbidae. Nama ilmiah burung derkuku itu sendiri, yakni Streptopelia chinensi.

Harga Derkuku Bakalan

Gambar burung derkuku

Gambar burung derkuku (nimadesriandani)

Dari dulu, burung tekukur/derkuku sudah banyak dijadikan sebagai burung peliharaan. Hal ini karena burung tekukur sangat mudah perawatannya, tak mudah stress, suaranya nyaring, dan pakannya mudah diperoleh. Burung derkuku tidak termasuk jenis burung yang hidup berkoloni, burung derkuku jarang terlihat berkelompok dengan sesamanya.

Derkuku termasuk burung yang gemar menyendiri. JIka sobat ingin memelihara burung derkuku, cukup meletakkannya di dalam kandang bersama pasangannya, mereka pun langsung merasa nyaman. Selain itu harga derkuku bakalan yang relatif murah menjadi faktor burung ini cukup banyak di pelihara oleh masyarakat indonesia. Harga derkuku biasa yang masih bakalan tidak sampai Rp 100.000

Burung derkuku tergolong burung yang memiliki postur sedang, dengan ukuran fisik berkisar antara 28-30 cm. Derkuku memiliki motif bulu dan warna yang cukup khas, bulu badannya sebagian besar berwarna merah jambu, dengan bagian sayap yang berwarna cokelat pudar. Selain itu, burung ini memiliki bintik-bintik kombinasi warna hitam dan putih pada bagian lehernya. Untuk orang awam sendiri, sobat bisa mengenali burung ini dengan mudah.

Harga Derkuku Gacor

Gambar Burung Derkuku gacor

Gambar Burung Derkuku gacor (thegioidongvat.co)

Burung derkuku termasuk jenis burung yang sangat mudah gacor, sebab diusianya yang menginjak 6 bulan saja burung ini dapat mengeluarkan suara yang merdu walaupun tanpa dilatih. Kisaran harga Derkuku yang sudah gacor cukup bbervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari jenis burung tersebut. untuk derkuku biasa yang sudah gacor harganya berkisar di angka Rp150.000 sampai Rp 200.000 saja.\

Temukan Juga : Daftar Harga Burung Lengkap

Bahikan dengan postur tubuhnya yang cukup besar membuat burung ini memerlukan kandang dengan ukuran yang juga lumayah besar, agar mereka bisa bergerak dengan bebas.  Jika sobat pencinta burung tekukur atau derkuku, salah satu tips agar burung ini bisa gacor dengan suara lebih merdu, yaitu dengan pemberian makanan berkualitas dari beras merah. Jika tidak, sobat juga bisa menggantinya menggunakan jagung yang dihaluskan. Dengan perawatannya yang sangat mudah, tak heran jika burung derkuku banyak digemari sebagai burung piaraan.

 Harga Sepasang Derkuku

Gambar Sepasang Burung Derkuku

Gambar Sepasang Burung Derkuku (dianbirdfarm)

Derkuku sudah terbiasa hidup bersama manusia ataupun di sekitar manusia, karena itu burung ini tidak akan mudah stress atau takut saat berada di sekitar manusia atau saat di lingkungan baru. Burung derkuku terkesan cuek dengan keadaan di sekitarnya. Dengan karakteristik yang seperti itu derkuku cukup mudah untuk di budidayakan. Banyak yang menjual sepasang derkuku dengan harga relatif murah mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 400.000 untuk jenis derkuku biasa, sedangkan untuk jenis lain harganya bisa sampai jutaan rupiah, terlebih jika derkuku tersebut memiliki keunikan dari segi warna maupun suara kicauannya.

Baca Juga : Harga Burung Betet Terlengkap Disini

Penyebaran burung ini lumayan luas, seperti di wilayah Sri Lanka, India, sampai Asia Selatan dengan iklim tropis, yakni di China. Derkuku lebih senang jika hidup di kawasan alam terbuka, baik di hutan tropis, padang rumput, dan kawasan persawahan. Selain bisa terbang tinggi, derkuku juga dapat terbang dengan sangat rendah dari atas tanah, biasanya hal tersebut dilakukannya saat merasa terganggu atau ada bahaya.

Harga Burung Derkuku Lengkap

Berbicara tentang harga derkuku itu sendiri, memang cenderung sangat murah. Sobat bisa mendapatkannya dengan kisaran harga kurang dari Rp. 400.000/pasang. Harga burung derkuku lokal umumnya dibanderol dengan kisaran harga Rp. 75.000. Sementara untuk harga paling mahal yaitu harga burung derkuku putih, yakni dibanderol sampai Rp. 1 jutaan. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga derkuku terbaru :

Jenis Burung DerkukuHarga
Burung Derkuku PutihRp. 1.000.000,-
Burung Derkuku KlantanRp. 500.000,-
Burung Derkuku HIjauRp. 500.000,-
Burung Derkuku SinomRp. 100.000,-
Burung derkuku DerukRp. 100.000,-
Burung Derkukur Biasa BakalanRp. 50.000 – Rp 100.000
Burung Derkuku Biasa GacorRp. 150.000 – Rp 250.000
Sepasang Burung Derkuku BiasaRp. 300.000 – Rp 400.000

Harga Terahir di perbarui pada 4 April 2018

Itulah informasi daftar harga derkuku yang bisa sobat jadikan pertimbangan. Perlu diingat untuk harga burung derkuku di setiap daerah/kota, bisa saja berbeda, seperti di Bandung, Jakarta, Malang, Surabaya, Jogja, dan Semarang. Harga yang berbeda juga dipatok berdasarkan jenis burung derkuku itu sendiri, apakah derkuku betina, derkuku jantan, derkuku dewasa, ataupun derkuku bakalan.