Hobi Burung

Harga Burung Gelatik Mulai Bakalan, Gacoran dan Prestasi

Harga Burung Gelatik lengkap mulai dari harga bakalan, gacoran sampai harga burung gelatik yang sudah prestasi,  Gelatik atau Lonchura Oryzivora terkenal dengan sebutan burung layang-layang. Burung ini hidup di tanah Jawa, Bali dan Bawean di Indonesia. Burung ini merupakan burung kondang yang sangat terkenal dan banyak negara telah mengakui kehebatan burung ini melalui suaranya.

Burung gelatik suka hidup di tempat yang sangat rindang dengan biji-bijian. Mereka sering di padang rumpung atau sawah. Bentuknya yang mungil berukuran 15-17 cm memberikan daya tarik kepada pecinta burung dan menjadikannya burung kandang.

Pecinta burung mengincar burung gelatik yang berjenis kelamin jantan. Harga Gelatik jantan lebih mahal dari pada betina. Beberapa beranggapan kicauan burung gelatik jantan lebih menarik, lebih keras, lantang, dari pada betina. Ini sebabnya harga gelatik jantan lebih mahal dari pada betina.

Baca Juga : Harga Cucak Jenggot Mulai Bakalan, Gacoran dan Prestasi

Sementara, burung gelatik memiliki kicauan yang monoton dan rendah. Tentu saja tidak akan menarik perhatian banyak orang saat berada di kompetisi.

Baik betina ataupun jantan bukan satu-satunya tolak ukur harga gelatik. Masih ada beberapa hal yang membuat harga gelatik jantan sangat berbeda dengan betina.

Gelatik jantan memiliki bulut tebal berwarna hitam di bagian dadanya. Bentuknya yang ramping dan kepalanya yang datar terhias warna bulu yang lebih mengkilap. Warna bergaris hitam tegas memanjang di bagian tenggorokan hingga ke bawah. Hal inilah yang membuat harga gelatik jantan lebih mahal. Sementara, betina tidak demikian.

Harga Burung Gelatik Mulai Bakalan, Gacoran dan Prestasi

Burung gelatik terbagi dalam beberapa jenis. Dari beberapa wilayah, burung gelatik memiliki kisaran harga yang berbeda juga. Jika Anda merupakan pecinta burung, Anda akan mengetahui perbedaan harga burung dengan mengetahui jenis dan kicauannya.

  • Burung Gelatik anakan. Harga Gelatik ini berkisar IDR 70.000 hingga IDR 150.000. Jika Gelatik sudah cukup dewasa, umumnya harga akan lebih tinggi lagi.
  • Burung Gelatik Jawa. Harga gelatik Jawa berkisar IDR 100.000 sampai IDR 300.000. Daya tarik dari gelatik jawa adalah bentuknya yang tegas dan bulu yang tebal.
  • Burung Gelatik Wingko. Harga gelatik wingko berkisar IDR 80.000 (anakan). Jika Anda ingin membeli gelatik wingko yang telah dewasa harganya mulai IDR 300.000.
  • Burung Gelatik Putih. Harga gelatik putih merupakan jenis yang sangat menarik. Harga gelatik ini bisa mencapai IDR 1.000.000 atau lebih, tergantung dari kemampuan burung tersebut.
  • Burung Gelatik Belong. Harga gelatik ini berkisar IDR 150.000 hingga IDR 300.000, tergantung dari jenis dan kemampuannya.
Jenis dan Keterangan Burung GelatikHarga
Gelatik Belong Muda Hutan (Sepasang)Rp 150.000
Gelatik Belong Penangkaran (Sepasang)Rp 200.000
Gelatik Timor (Sepasang)Rp 300.000
Gelatik Batu BakalanRp 40.000 – Rp 70.000
Gelatik Batu GacorRp 150.000

Harga gelatik ini merupakan kisaran harga yang mungkin bisa menjadi acuan bagi Anda pecinta burung. Anda dapat memilih gelatik sesuai dengan kemampuannya atau dengan jenis yang berbeda. Kisaran harga gelatik yang memiliki kemampuan kicauan yang hebat mulai dari IDR 500.000 hingga IDR 1.000.000. Jika Anda yakin dengan peranakan yang mungkin dapat membuahkan hasil, kenapa tidak Anda memulainya dari awal.