Hobi Burung

6 Fakta Tentang Burung Murai Batu, Pecinta Murai Wajib Baca

Para pecinta burung, kali ini hobiburung.org akan membagikan informasi terbaru mengenai fakta unik tentang burung murai batu yang wajib para pecinta burung ketahui. Banyak fakta telah membuktikan jika keberadaan burung indah yang satu ini dikatakan semakin langka dan sulit ditemukan.

Burung Murai Batu sendiri hampir berada di seluruh kawasan Asia dan menjadi salah satu burung buruan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal inilah yang menyebabkan keberadaannya semakin langka dengan tingkat populasi di hutan yang semakin menurun. Lembaga Konversi Internasional bahkan telah memberikan perhatian lebih terkait permasalahan ini.

Tahukah Anda? Burung Murai Batu atau juga dikenal dengan nama Kucica Hutan menjadi salah satu spesies burung yang masih tergolong dalam keluarga Muscicapidae atau burung cacing.

Dan masih satu famili dengan burung Cucak Jenggot, Lovebird dan Kenari. Burung ini termasuk salah satu burung kicau yang paling disukai dan laris diburu para pecinta burung kicau karena karakter kicauannya yang sangat merdu.

Kendati demikian, kelangkaan burung ini kini semakin menjadi dan membuat para pecinta Burung Murai Batu mengalami beberapa kendala untuk memilikinya.

Jelas saja, karena populasinya yang semakin menurun, harga Murai Batu justru meningkat semakin gila. Anda bisa melihat sendiri saat diadakannya kompetisi kicau burung, pasti burung indah ini dianggap sebagai salah satu unggas terbaik yang sangat kompetitif dan menjadi lawan yang sangat tangguh.

Fakta Menarik Seputar Murai Batu

Berikut ini, beberapa fakta menarik mengenai burung Murai Batu yang wajib Anda ketahui. Silahkan simak ulasan ringkasnya dan semoga bermanfaat!

1. Memiliki Banyak Jenis

Jenis murai batu

Jenis murai batu

Saat artikel tentang fakta murai batu ini ada beberapa jenis murai batu yang di bedakan berdasarkan warna, ekor murai batu dan juga daerah asalnya.

Jenis murai batu yang populer adalah murai nias dengan ciri khas ekor berwarna hitam, murai kalimantan / borneo yang memilik gaya tarung khas dengan mengembungkan bulu dadanya, murai medan yang di kenal memiliki ekor panjang, murai sumatra yang di kenal dengan gaya tarungnya yang khas, murai balak sabang dengan ciri khas ekor hitam panjangnya dan ada juga murai balak.

Baca Juga :  Jenis Burung Murai Batu Lengkap dengan Motif Ekornya

Tahukah Anda ? Murai Batu medan ialah salah satu nama / penyebutan untuk burung Murai yang memiliki ekor panjang dan yang paling disukai para pecinta burung.

Hal ini dikarenakan kicauannya yang terdengar lebih merdu dengan ciri fisik yang lebih indah dan mempesona. Dengan ekor yang panjang dan tubuh gagah, wajar burung ini menjadi incaran terbaik.

2. Mudah jinak dan patuh pada pemiliknya

Salah satu fakta menarik dari burung ini ialah sangat mudah jinak dan patuh kepada pemiliknya. Meskipun memiliki habitat asli di hutan. Murai Batu sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan yang jinak dan patuh.

Pada umumnya murai batu tangkapan hutan memperlukan waktu kurang lebih 1 sampai 3 bulan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Baru setelah selesai beradaptasi burung akan mulai mengeluarkan suara kicauan yang dimilikinya.

3.Dapat Dengan Mudah menirukan kicauan burung lain

Suara Burung Masteran

Suara Burung Masteran

Burung Murai Batu tidak hanya memiliki pesona yang menarik pada fisiknya, burung ini juga sangat cerdas dalam menirukan kicauan burung lain yang ia dengarkan.

Bukan hanya sekedar meniru, melainkan mampu mengkombinasikannya dengan kicauan burung lain dan di bawakan dengan suara yang lebih lantang dan lebih nyaring dibandingkan kicauan burung lain.

Saat ini suara isian murai batu yang paling degemari kicaumania di indonesia adalah suara cililin, lovebird dan juga kenari.

4.Ada Murai HItam dan Ada Murai Hitam Putih

Gambar murai hitam / murai cebu

Gambar murai hitam / murai cebu

Fakta unik selanjutnya, Pada umumnya burung Murai Batu memiliki 3 warna bulu yang berbeda, yakni hitam, gradasi warna merah hingga jingga dan warna biru pada bagian kepala. Beberapa jenis burung Murai bahkan memiliki warna putih bersih di bagian ekornya yang panjang.

Akan tetapi ternyata ada lagi jenis murai batu yang memiliki warna hitam polos layaknya burung kacer ireng. Untuk informasi lebih lengkap silahkan baca artikel mengenai Burung Murai Hitam.

5. Merupakan Burung Teritorial

Burung Murai Batu dikenal sebagai salah satu burung teritorial dengan mental pemberani yang sangat tangguh, namun mudah tersinggung.

Ya, saat mendengar kicauan burung lainnya atau bahkan hanya sekedar melihat saja, maka burung ini berkeinginan untuk bertempur dan tersulut emosi. Dia akan membusungkan dada, mengangkat ekor untuk menunjukkan kicauan terbaiknya.

TIdak heran jika murai mendengarkan atau melihat murai batu lanya secara otomatis akan berusaha untuk menunjukan kelebihan yang dimilikinya seperti gaya dan juga suara kicauan yang dimiliki burung tersebut.

6. Burung yang dilindungi

Di tahun 2018 ini ada kabar bahagia dari pemerintah indonesia yang telah secara resmi memasukan murai batu kedalam jenis burung yang dilindungi. Diharapkan dengan langkah ini jenis burung ini akan tetap lestari.

Dengan di keluarkannya peraturan ini maka  mungkin beberapa tahun kedepan jual beli murai batu haruslah burung yang merupakan hasil penangkaran dan harus di lengkapi dengan sertifikat.

Itu tadi beragam fakta seputar burung murai batu, jika ada yang ingin di tanyakan ataupun di tambahkan silahkan hubungi tim hobiburung agar bisa segera di proses.