Hobi Burung

Ragam Makanan dan Minuman Untuk Pleci Agar Rajin Bunyi

Ragam pakan dan minuman untuk burung pleci  yang bisa di berikan seperti buah-buahan segar, voer bahakan sampai ada yang meracik pakannya sendiri. Bagi Anda yang hobi memelihara burung khususnya burung pleci yang terkenal yang nyaringbunyinya , maka artikel ini cocok untuk Anda sebagai tips dalam memberikan makanan dan minuman untuk burung pleci Anda agar jadi Gacor dan Ngalas.

Burung Pleci Yang Kecil Tapi Nyaring

Gambar Burung Pleci

Gambar Burung Pleci (sumber)

Burung pleci yang senang berkoloni dengan sesamanya ini walau berbadan kecil tapi memiliki suara yang nyaring dan juga bervariasi. Burung dengan ciri khas unik dengan adanya lingkar putih di sekitar matamemiliki gaya berkicau yang unik juga sering disebut ngalas dan karena gaya berkicaunya inilah maka burung pleci ini sering diikutsertakan dalam setiap perlombaan.

Gacor adalah istilah yang sering disebutkan untuk suara kicauan burung yang keras dan “Mantap”. Sedangkan “Ngalas” dimana burung pleci sering disebutkan kalau gaya berkicaunya itu ngalas artinya dia bisa melagukan kicauan aslinya atau nada kicauannya bisa bernada dan berubah-ubah dalam tempo yang cepat.

Burung yang konon aslinya berasal dari benua Australia selain memiliki lingkaran putih di sekitar mata juga memiliki warna biasanya hijau kelabu namun ada juga yang jenisnya memiliki bulu di leher dan juga di perutnya berwarna putih dan juga kuning.

Kegemaran burung ini adalah memakan serangga dan juga buah-buahan kecil dan di negara asalnya di Australia ada beberapa diantara mereka yang dianggap sebagai hama di perkebunan anggur karena kadang melukai beberapa tanaman.

Untuk jenis pleci yang betina memang kurang laku di pasaran karena suaranya yang kurang gacor jika diikutsertakan dalam pertandingan. Berbeda dengan yang jantan yang potensinya memang lebih besar namun memang harus ditambah usaha ekstra dalam memolesnya menjadi sempurna seperti yang diharapkan.

Buah-buahan dan Sayuran Segar untuk Si Pleci

Makanan Burung Pleci

Makanan Burung Pleci

Berbagai jenis buah-buahan segar dapat diberikan kepada burung pleci untuk memberikan kesehatan dan juga kualitas suara yang gacor. Buahnya bisa berupa buah pepaya, pisang , jeruk, apel bahkan bisa juga klengkeng dan buah lainnya yang penting harus di cuci segar terlebih dahulu sebelum diberikan kepada si pleci.

Kandungan buah-buahan yang kaya akan vitamin itu membuat pertumbuhan fisik pleci menjadi lebih sehat dan juga secara otomatis meningkatkan kualitas suara pleci agar lebih nyaring dank eras lagi. Namun harus diperhatikan untuk memberi buah yang segar dan harus selalu dicuci terlebih dahulu guna menghindari racun pestisida yang biasanya melekat pada kulit-kulit buah tersebut.

Baca Juga : Ragam pakan / Makanan Terbaik untuk Kenari Gacor Lengkap

Sayur-sayuran segar juga merupakan jenis makanan yang sangat disarankan untuk diberikan kepada pleci setiap harinya karena selain menyegarkan tubuh pleci bisa juga mempercantik bulu-bulu ditubuhnya.

Berbagai jenis sayuran yang disarankan untuk diberikan kepada pleci adalah wortel, tomat, mentimun dan juga gambas. Khusus untuk gambas dan juga mentimun berguna untuk mempercepat pertumbuhan bulu dan membuatnya sehat dan kuat sedangkan untuk wortel dan tomat berguna untuk memperbaiki tampilan bulunya.

Ada pula makanan tambahan untuk burung pleci yang sering disebut ekstra fooding yang mengandung kadar protein yang dibutuhkan oleh pleci. Namun dalam pemberiannya harus memperhatikan aturan atau takaran yang pas karena jika berlebihan akan berdampak negatif pada pleci dan membuat dia mabung (proses ganti bulu) yang terlalu dini.

Minuman Sehat Bagi Para Pleci

Tidak hanya makanan yang sehat yang diperlukan oleh burung pleci agar tetap bugar dan bersuara gacor. Namun juga diperlukan racikan minuman yang pas agar burung pleci ini tetap sehat dalam bernyanyi.

Saran pertama yang bisa Anda coba untuk memberikan minuman kepada pleci Anda adalah dengan memberikan air mineral ataupun air mentah namun dengan kandungan ph (derajat keasaman) yang tidak berlebihan agar pleci tidak gampang terserang penyakit. Biaa juga Anda teteskan bird mineral ke air yg diminum oleh burung pleci Anda agar derajat keasamannya pas.

Selain itu racikan minuman lainnya yang berguna bagi si pleci dan yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan minuman racikan bawang putih yg dicampur jeruk nipis, gula dan juga madu atau bisa juga Anda berikan larutan penyegar sebagai minuman burung pleci Anda untuk melancarkan suaranya.

Beberapa tips penting lainnya tentang burung atau khususnya yang berkaitan dengan buring pleci bisa anda baca di hobiburung.org yang memberikan info menarik bagi para peminat burung tanding.