Hobi Burung

Fakta Seputar Burung Merak Yang Perlu Kamu Tau

Kali ini, hobiburung  akan membahas keunikan bulu burung merak. Siapa yang tidak terkesima dengan keindahan bulu merek? Salah satu burung dengan bulu – bulu indah di dunia. Burung merak sendiri merupakan satwa yang banyak ditemukan di Pakistan, Nepal, Srilangka, Bhutan dan India.

Saat sayap merak dilebarkan akan nampak keindahan aneka warna dengan bulatan. Jika diperhatikan bulatan tersebut mirip dengan bola mata. Sebenarnya, bulu tersebut hanyalah sehelai bulu tanpa warna. Namun saat disatukan dengan lainnya menciptakan warna yang cantik, bahkan dari kejahuan sekalipun.

Sayangnya, pesona cantik merak hampir jarang sekali terlihat. Anda hanya bisa melihat burung merak di cagar alam atau suaka margasatwa. Bahkan, itupun hanya beberapa spesies saja, seperti merak hijau, merak kongo, dan merak biru

Navigasi Konten

Sang jantan si pemilik bulu indah

Gambar Merak Hijau Jantan

Gambar Merak Hijau Jantan

Namun sebenarnya, pemilik dari bulu – bulu indah tersebut hanyalah merak jantan. Di mana mereka memang suka memerkan bulu ekornya untuk menarik sang betina. Biasanya, merak jantan akan mengembangkan ekornya di saat musim kawin tiba. Saat ekornya mekar, maka akan membentuk kipas dengan serabut – serabutnya yang indah dan halus.

Bagaimana dengan sang betina?

Gambar Merak Betina

Gambar Merak Betina

Sedangkan merak betina sendiri tidak memiliki ekor seperti sang jantang. Merak betina memiliki bulu – bulu dengan warna coklat kehijauan. Sedangkan, ukuran tubuh merak betina lebih kecil dibandingkan merak jantan. Sama halnya dengan merak jantan, merak betina juga memiliki mahkota yang indah menghias di kepalanya.

Baca Juga : Kenali 3 Jenis Burung Merak Lengkap Dengan Gambarnya

Perlu Anda ketahui bahwa merak betina tidak menyukai suasana bising. Mereka akan lebih menyukai tempat yang tenang dan aman. Terlebih lagi, saat tertelur, sebisa mungkin merak betina akan menjauhkan telur mereka dari tempat yang ramai dan predator. Namun begitu, merak hanya bisa bertelur setahun sekali.

Fakta unik bulu merak

Burung Merak

Burung Merak

Selama ini kita hanya bisa menikmati keindahan bulu merak saja, tanpa tahu mengenai arti di baliknya. Namun sebenarnya, bulu merak memiliki banyak fungsi di dalamnya. Salah satunya adalah melindunginya dari serangan predator.

Saat merak merasa terancam keberadaannya, merak akan mengembangkan ekornya. Di saat itulah, bulatan – bulatan pada bulu merak akan menyerupai bola – bola mata. Dengan begitu, musuh mereka akan merasa bahwa ada banyak burung merak yang dihadapi. Padahal, hanya ada satu burung merak saja.

Baca Juga : Fakta Tentang Burung Murai Batu, Pecinta Murai Wajib Baca

Bulatan yang menyerupai bola mata yang satu ini terjadi karena kemampuan dari bulu – bulu kecil merak yang dapat memantulkan cahaya. Cahaya itulah yang kemudian diubah menjadi gelombang panjang dan terdiri dari beraneka macam warna. Saat itulah, warna tersebut akan membentuk bulatan kecil yang mirip dengan bola mata.

Keindahan burung merak yang satu ini memang belum ada tandingannya. Walaupun hampir punah, merak menjadi salah satu burung terindah di dunia.