Hobi Burung

Cara Merawat burung kacer rumahan yang baik dan benar

Merawat burung kacer bisa jadi gampang-gampang susah, perawatan kacer akan lebih susah jika masih dalam kondisi bakalan.

Hal ini di karenakan kacer bakalan memiliki peluang mati lebih tinggi jika di bandingkan kacer yang sudah mapan. Maka dari itu anda harus mengetahui bagaimana perawatan burung kacer bakalan sampai perawatan kacer siapan.

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang lomba kicau burung sedang banyak digemari oleh hampir sebagian besar orang.

Di berbagai tempat banyak orang khususnya bagi para pencinta burung banyak mengikuti kompetisi lomba kicau burung. Ada berbagai macam jenis spesies burung yang digunakan dalam lomba ini salah satunya adalah bernama burung kacer.

Mungkin bagi para pencinta burung sejati tentu saja sudah tidak akan asing lagi dengan yang namanya spesies burung kacer. Burung kacer adalah sebuah nama burung yang mempunyai nama lain burung poni.

Burung jenis ini menjadi salah satu jenis burung yang banyak digemari oleh hampir sebagian besar para pencinta burung sebagai burung peliharaan dan juga dijadikan sebagai burung yang digunakan dalam kompetisi lomba kicau burung.

Hal ini karena jenis burung kacer ini mempunyai suara kicauan yang mantap dan merdu serta didukung dengan postur tubuhnya yang gagah. Selain itu harga dari seekor burung kacer ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Merawata Kacer Yang Baik dan Benar

Jenis burung kacer ini selain menjadi salah satu burung primadona namun juga menjadi burung yang memerlukan perawatan.

Untuk bisa mendapatkan burung kacer yang selalu bagus dan tampil prima maka anda harus melakukan beberapa ritual perawatan yang baik dan benar seperti berikut, yaitu:

Jaga Kebersihan Kandang dan Burung

Merawat Burung kacer

Merawat Burung kacer

Selalu bersihkan sangkar / kandangnya setiap sehari secara teratur. Anda harus memastikan kandang burung selalu bersih setiap hal.

Hal ini dilakukan supaya burung kacer tidak mudah terserang berbagai macam gangguan penyakit yang dibawa melalui kotoran – kotoran.

Selain itu juga bisa menghindarkan burung dari stres. Mandikan burung kacer secara teratur setiap pagi dan sore supaya burung terhindar dari kutu karena selalu senantiasa dalam keadaan bersih

Tempatkan di Lokasi yang Nyaman

Perawatan burung kacer

Perawatan burung kacer

New Project

Letakan burung pada tempat yang segar dan kaya akan oksigen. Setelah burung kacer dimandikan sebaiknya angin – angin di tempat yang sejuk. Hal ini bisa mempengaruhi keadaan psikologis burung di mana membuat burung tidak akan mudah stres

Pemberian Pakan yang tepat

Ragam Pakan untuk Kacer

Ragam Pakan untuk Kacer

Berilah makanan yang mengandung banyak gizi. Jenis pakan yang biasanya diberikan kepada jenis burung kacer ini adalah voer , jangkrik dan kroto.  Pada umumnya saya pribadi memberikan porsi jangkrik 5 di pagi dan 3 di sore hari.

Setiap burung bisa saja memiliki settingan yang beda-beda, sederhananya untuk menemukan setingan yang pas untuk beberapa kondisi seperti ketika burung macet bunyi, terlalu agresif ataupun kurang sehat.

Jika burung kacer sedang mbedesi yang disebabkan karena kebanyakan makan, birahi yang sedang memuncak dan stres maka sebaiknya lakukan penjemuran pada jam 7 – 9 pagi agar burung mendapatkan vitamin D yang cukup, kemudian porsi EFnya agak dikurangi.

Akan tetapi jika burung terlihat malas bunyi ataupun kurang bersemangat anda bisa coba memberikan pakan tambahan yang lebih banyak.

Dalam 3 sampai 5 hari lihat apa yang terjadi. jika burung sudah kembali gacor coba balikan ke porsi sebelumnya.

Istirahat dan Masteran yang cukup

Pada malam hari  pastikan kandang burung kacer dalam selalu keadaan tertutup. Hal tersebut akan membuat istirahat burung kacer jadi lebih bagus selain itu bisa juga untuk memudahkan anda untuk bisa melatih burung ini. Selalu latihlah burung kacer agar bisa menjadi master dan juara.

Bagi anda yang sengaja menggunakan burung kacer sebagai burung kompetisi kicau burung maka anda harus selalu melatih burung ini agar bisa selalu berkicau dengan merdu dan bagus.

Baca juga : Poin Penting Dalam Merawat Burung Kacer Bakalan

Cara melatihnya adalah dengan memperdengarkan MP3 yang berisi berbagai macam rekaman suara burung. Dengan mendengarkan setiap malam sebelum burung tidur dengan volume yang tidak terlalu keras.

Maka lama kelamaan burung kacer anda akan mulai terbiasa dan akan mulai bisa secara perlahan – lahan hingga lancar menirukan berbagai macam jenis kicau burung yang sudah diperdengarkan.

Setelah membaca artikel ini sekarang anda mengetahui bagaimana cara merawat burung kacer agar selalu bisa tampil dengan prima. Sebaiknya anda selalu melakukan perawatan tersebut.

Untuk mengetahui berbagai macam jenis burung dan perawatannya lebih lanjut anda bisa melihatnya di hobiburung.org.