Hobi Burung

Cara Merawat Burung Kenari sehari hari dan Ketika Macet bunyi

Merawat Burung Kenari  – Banyak sekali para penggemar burung yang berkeinginan untuk menjadikan burung kenari sebagai koleksi pribadinya.

Namun keinginginan tersebut terganjal oleh minimnya wawasan tentang perawatan burung satu ini. Tidak perlu khawatir.

Karena pada halaman ini kami akan membahas tuntas cara merawat burung kenari, utamanya bagi Anda para pemula.

Jika anda sudah terlanjur membeli burung kenari langkah selanjutnya adalah merawat burung kenari tersebut.

Pada dasarnya merawat kenari memang cukup mudah yang terpenting adalah menjamin ketersediaan pakan, minuman dan juga senantiasa menjaga kebersihan burung.

Cara Merawat Kenari Harian

Langsung saja, berikut adalah beberapa tips jitu yang bisa Anda praktekkan dalam merawat burung kenari milik Anda di rumah.

Perhatikan ketersediaan air bersih & Makanan Harian

Pakan harian kenari

Pakan harian kenari

Burung kenari sangat menyukai air yang segar dan bersih, oleh karenanya, hindari memberi air dari ledeng atau kran yang banyak mengandung kaporit.

Sedikit usaha dengan memberikan air mineral bermerk sebagai minumannya adalah pilihan terbaik untuk menjaga kondisi burung tetap prima dan segar.

Biji-bijian merupakan pakanan utama burung kenari, oleh sebab itu pemberian biji dalam jumlah yang cukup merupakan hal yang wajib setiap harinya.

Jenis biji-bijian terbaik yang bisa Anda berikan pada kenari adalah millet, niger seed, canary seed, atau kombinasi dari ketiganya.

Berikan Pakan Tambahan untuk Kenari

Pakan tambahan kenari

Pakan tambahan kenari

Makanan tambahan yang bisa diberikan sebagai penunjang nutrisi sang burung adalah telur berprotein tinggi yang sangat baik bagi masa pertumbuhan dan reproduksi burung, sayur-sayuran hijau dan bila perlu tambahkan pula buah-buahan seperti apel.

Contoh makanan tambahan untuk burung kenari :

  • Gambas dan mentimun : bisa di jadikan solusi untuk kenari yang kegemukan
  • Telur puyuh rebus : bisa di jadikan sebagai sumber protein untuk kenari
  • Daun sawi : bagus untuk menjaga kesehatan kenari
  • Jagung muda : Agar bulu burung kenari terlihat lebih bagus

Berikan multivitamin dan Mineral

Memang makanan berupa biji-bijian, sayuran, telur, serta buah sudah mengandung banyak vitamin. Namun tentu saja kita tidak bisa mengukur apakah makanan tersebut sudah mencukupi seluruh kebutuhan vitamin dari burung tersebut.

Salah satu solusinya adalah dengan memberikan multivitamin burung yang bisa Anda peroleh di toko-toko burung terdekat.

Pemberian vitamin yang berlebihan tidak akan membawa dampak negatif bagi sang burung karena kelebihan vitamin tersebut akan dibuang melalui proses metabolisme.

Sementara itu kekurangan vitamin justeru akan berdampak pada kesehatan sang burung.

JIka mineral dari air yang anda berikan dirasa masih kurang para penghobi burung biasanya menggunakan tulang sotong sebagai alternatif asupan mineral, namun kandungan garam di dalamnya dapat berpengaruh pada pembuluh darah.

Sebagai jalan tengahnya, kami menganjurkan membeli sumber mineral lengkap bagi burung yang sudah tersedia di kios-kios burung terpercaya.

Selalu jaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang

Kebersihan kandang

Kkebersihan kandang adalah syarat mutlak dalam merawat burung kenari. Kandang yang bersih menghindarkan kenari dari serangan penyakit serta membuat burung merasa lebih nyaman.

Hindari embusan angin Yang Terlalu Kencang

Hembusan Angin

Hembusan Angin

Embusan angin yang terlalu kencang berpotensi membuat burung kenari rentan terserang penyakit. Oleh sebab itulah hindari meletakkan sangkar burung kenari di dekat jendela, dekat lubang udara, atau pun pendingin ruangan yang banyak dilewati angin.

Jangan Terlalu lama Menjemur Burung Kenari

Menjemur burung kenari

Menjemur burung kenari

New Project

Demikian pula dengan sengatan matahari secara langsung, sebaiknya dihindarkan pula dari sangkar burung kenari Anda.

Akibat yang dialami burung kenari yang dijemur di terik matahari bisa sangat fatal, bahkan mengancam nyawa kenari.

Untuk menghindari hal tersebut, aturlah waktu penjemuran burung kenari. Bisa saat pagi hari atau sore menjelang senja.

Jika terpaksa menjemur burung saat siang hari, sebisa mungkin tutupi sangkar dengan kerodong agar burung mendapat naungan.

Amatilah kondisi burung, apabila sudah terlihat loyo atau terengah-engah, segera masukkan burung ke area yang lebih dingin.

Sering Mandikan Burung Kenari

Gambar Kenari Mandi

Gambar Kenari Mandi (sumber : melsonbyuk)

Parasit seperti kutu atau tungau dapat membuat burung menjadi cacat bahkan membunuh kenari secara perlahan. Untuk menghindarkan atau mencegah kehadiran parasite tersebut.

Usahakan setiap minggu sekali burung di mandikan akan tetapi jika sudah parah gunakanlah obat parasit khusus burung yang juga tersedia di kios-kios burung.

Potong kuku dan paruh burung yang terlalu panjang

Kuku pada Kenari

Kuku pada Kenari

Cara merawat burung kenari yang terakhir adalah dengan memotong kuku burung tersebut, terutama ketika burung sudah berusia satu tahun atau kuku-kukunya sudah panjang. Lakukan proses pemotongan kuku ini untuk menjaga kenyamanan burung menjelang masa kawin agar tidak melukai sang betina.

Memotong kuku burung

Memotong kuku burung

Seperti gambar di atas, dalam memotong kuku kenari harap di perhatikan “batas”  yang ada di kuku kenari, jangan sampai anda memotong pada bagian blood supply.

Pola perawatan tersebut dilakukan untuk mendapatkan peforma burung kenari yang optimal, sehingga ketika bersuara bisa gacor.

Namun demikian, tidak dipungkiri bahwa burung kenari juga dapat mengalami macet bunyi. Untuk mengatasi gangguan tersebut, simak tips dari kami berikut ini.

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Kenari macet bunyi

Kenari macet bunyi

Selain karena perawatan yang kurang baik, macet bunyi juga dapat terjadi karena burung stress, sedang mabung, atau mengalami obesitas. Cobalah empat langkah berikut untuk mengembalikan peforma kenari Anda.

Baca juga : Cara Merawat burung kacer rumahan yang baik dan benar

Berikanlah asupan makanan yang bergizi

Selama proses pemulihan, tambahkan pakan yang bergizi melalui pemberian pakan yang lebih bervariasi meskipun biji-bijian tetap menjadi santapan utama.

Pengaturan perawatan harian

Seperti pengembunan, mandi, dan jemur. Lakukan ketiga hal tersebut secara rutin. Namun sebagian kicau mania menghindari memandikan burung dengan alasan dapat menurunkan birahi.

Karenanya lebih baik menunda memandikan burung sampai peformanya pulih.

Berikan tambahan multivitamin.

Seperti yang telah kami singgung di atas, multivitamin sangat penting bagi perkembangan burung. Dengan asupan multivitamin, burung menjadi lebih sehat serta aktif dan terangsang untuk berkicau.

Tempatkanlah burung di lingkungan yang tenang

Tempat tenang

Tempat tenang

Jauhkan kenari dari burung-burung lain yang bersuara superior agar kondisi burung tidak semakin stress, dengan demikian proses pemulihannya akan semakin cepat.

Kesimpulan

Itulah cara merawat burung kenari serta tips jika burung Anda macet bunyi.  Secara garis besar ada beberapa kunci sukses dalam merawat burung kenari yakni pemberian pakan yang tepat.

Menjaga kebersihan kandnag dan burung, kemudian yang terakhir adalah kita harus konsisten dalam merawat burung kenari.

Lakukan perawatan dengan baik dan benar sesuai anjuran kami di atas, maka burung kenari Anda akan sehat dan tentunya diharapkan semakin gacor saat berkicau.