Hobi Burung

Cara Merawat Lovebird Yang Baik dan Penanganan Lovebird Macet Bunyi

Cara Merawat Lovebird Yang Baik – Dari beberapa pengalaman kicau mania, tidak mudah memang merawat lovebird agar ngekek panjang dan memiliki peforma jempolan saat lomba.

Untuk itulah pada perjumpaan kali ini kami akan membagikan tips mengenai cara merawat lovebird agar ngekek panjang sekaligus tetap stabil selama beraksi di lapangan.

Namun sebelum membahas tentang perawatan lovebird lebih lanjut, perlu kita pahami bahwa faktor indukan atau keturunan juga turut andil dalam mencetak lovebird trah jawara.

Asal-usul dari bibit atau trotolan yang kita pilih haruslah kita ketahui terlebih dahulu agar kita tidak salah dalam memprediksi kualitas trotolan tersebut.

Beberapa ciri yang dapat kita gunakan sebagai patokan adalah dari tampilan fisik, warna bulu, serta peforma kedua indukannya dahulu.

Baca juga : Tips Memilih Lovebird Anakan Balibu (Bawah lima bulan)

Merawat Burung Lovebird

Merawat lovebird

Merawat lovebird

Berikut adalah beberapa tips perawatan harian yang bisa di jadikan contoh demi memperoleh lovebird ngekek panjang yang berprestasi di lapangan.

Cara memandikan lovebird

Gambar lovebird mandi

Gambar lovebird mandi

Setiap lovebird memiliki cara mandi yang berbeda. Ada yang suka mandi di dalam cepuk dan ada pula yang suka mandi semprot. jangan lupa ketika memandikan lovebir bersihkan juga sisa-sisa makanan yang ada di kandang lovebird.

Selain mandi, perlu juga kita memberikan perawatan terhadap bulu-bulu agar dijauhi kutu yang mengganggu. Salah satunya dengan memberikan cairan shampoo khusus burung yang bisa didapatkan di kios-kios burung terdekat.

Mandikan lovebird pada pukul 7 pagi, lalu jemur burung selama kurang lebih 45 menit atau sampai tubuhnya kering. Selama diangin-anginkan itulah kita beri pakan berupa ekstrak jagung.

Teknik mandi yang demikian bertujuan agar burung jinak, tidak agresif, serta menghindari over birahi ( jika terjadi over birahi, tambahkan durasi mandi menjadi 2 kali, saat pagi dan malam hari).

Pemberian pakan yang tepat

Gambar Makanan lovebird

Gambar Makanan lovebird

Pakan yang baik untuk lovebird adalah biji-bijian berkualitas tinggi sebagai sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk burung Anda.

Selain itu, ekstrak sayurana seperti jagung, kangkung, kacang panjang, dan juga kecambah dikenal baik dalam menjaga kestabilan lovebird saat birahi. Untuk minumnya, sediakanlah air yang bersih dan wajib diganti setiap hari.

Pemberian multivitamin

Ilustrasi vitamin untuk lovebird

Ilustrasi vitamin untuk lovebird

Selain pakan yang bernutrisi, pemberian vitamin juga diperlukan untuk menjamin terbentuknya hormone yang mampu merangsang burung untuk bunyi, menjaga keseimbangan tubuh, dan meningkatkan nafsu makan burung.

Pilihlah jenis vitamin yang terbaik serta cocok diberikan pada lovebird Anda.

Jangan lupakan pemasteran

Teknik pemasteran bertujuan untuk menghasilkan lovebird ngekek panjang yang peformnya stabil selama di lapangan.

Anda bisa memperdengarkan secara langsung sura burung lain kepada lovebird yang akan Anda master, atau dengan metode yang lebih praktis yakni dengan cara memperdengarkan rekaman mp3 suara lovebird yang sudah master.

Baca juga Download MP3 Suara Lovebird Konslet Durasi Panjang

Lakukan pemasteran saat burung beristirahat pada malam hari.

Lakukan Umbaran

Metode umbaran atau tenggaran juga penting kita lakukan selama merawat lovebird. Metode ini berfungsi untuk melatih otot-otot sayap dan fisik agar memiliki napas panjang selama ngekek.

Baiknya latihan ini kita kerjakan secara rutin setidaknya 2 kali dalam 1 minggu pada pukul 10.00 – 16.00.

Cara Menangani Lovebird Macet Bunyi

Lovebird macet bunyi

Lovebird macet bunyi

Lovebird yang mengalami macet bunyi tentu akan membuat pemiliknya khawatir sekaligus panik, karena jika tidak segera ditangani, maka kondisi burung bisa jadi akan semakin drop yang bisa mengakibatkan harga jualnya turun.

Sebelum hal tersebut menimpa burung Anda, berikut kami berikan tips menangani lovebird yang macet bunyi.

Lakukan pengembunan rutin

Pengembunan dilakukan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh lovebird. Disamping itu, pengembunan saat pagi hari merangsang pemulihan lovebird yang macet bunyi.

Lakukan proses tersebut dalam kondisi sangakr yang masih dikerodong, setelah burung sudah beradatsi dengan suhu, Anda bisa membuka kerodong kembali.

Mandikan dengan air dingin

lovebird mandi

lovebird mandi

Air dingin di sini adalah air yang telah disimpan di dalam kulkas terlebih dahulu atau bisa juga menggunakan air di dalam semprotan yang telah didiamkan selama semalam penuh.

Semprot atau mandikan lovebird Anda dengan air tersebut sesaat setelah matahari terbit.

Berikan pakan yang tepat

Saat pemulihan, berikanlah jagung muda dan millet putih setiap harinya.

Anda dapat pula menambahkan pucuk mengkudu muda selama beberapa hari sekali atau bisa juga dengan memberikan rebusan daun serai untuk memancing lovebird kembali ngekek.

Berikan pasangan

gambar lovebird sepasang

gambar lovebird sepasang

Salah satu penyebab lovebird macet bunyi adalah kondisinya yang sedang stress karena tidak memiliki pasangan. Memberikan jodoh bagi lovebird adalah solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini.

Berikan vitamin

Cara menangani lovebird macet bunyi yang terakhir adalah dengan memberikan vitamin esensial untuk pembentukan testoteron, hormone stimulant testoteron, serta zinc.

Baca juga : Cara Merawat Burung Kenari sehari hari dan Ketika Macet bunyi

Kandungan yang terdapat pada vitamin ini mampu mendongkarak kembali peforma lovebird kembali seperti sedia kala. Anda dapat membeli vitamin esensial ini di kios-kios burung langganan.

Kesimpulan

Bibit atau faktor keturunan memang memiliki peran besar dalam mencetak lovebird jawara.

Namun menjaga kesehatan dan serta teknik pemasteran tidak kalah penting juga untuk dikerjakan agar ketika dewasa burung tersebut dapat menampilkan suara ngekek panjang sekaligus stabil saat diadu.