Hobi Burung

7 Solusi Ampuh Perawatan Burung Jalak suren

Solusi Ampuh Perawatan Burung Jalak suren  – Di pasaran, jalak suren biasanya dijual dalam kondisi masih bakalan dan berasal dari penangkaran atau ternak. Namun jangan anggap enteng mengenai cara merawat burung jalak suren, sebab meskipun telah terbiasa dengan voer dan sifatnya tidak terlalu liar, jalak suren bakalan ini tentu butuh sentuhan khusus untuk menjadikannya gacor.

Untuk itulah pada halaman ini kami akan menyajikan tips seputar perawatan jalak suren bakalan hingga menjadi burung gacor yang pilih tanding.

Perawatan Burung Jalak Suren

Gambar jalak suren jinak

Gambar jalak suren jinak

Sebelum membeli burung jalak suren yang berada di pasaran akan lebih baik jika kamu mengetahui beberapa ciri yang dimiliki oleh burung jalak suren gacor.

Kalau untuk burung rumahan mungkin saya lebih memilih JS berina, untuk membedakan mana yang jantan dan betina mungki kamu bisa baca artikel di bawah ini.

Perbedaan Antara Jalak suren Jantan dan Betina

Dengan memilih jalak suren bakalan yang bagus bisa dikatakan langkah untuk menjinakkan / menggacorkannya pun akan jadi jauh lebih mudah

Berikan waktu adaptasi

Burung jalak suren tentu membutuhkan proses adaptasi setelah dibeli dan dipindahkan sangkaranya, proses ini membantu burung untuk mengenal wilayah barunya.

Jika burung merasa tidak nyaman maka sifat liarnya akan muncul dan menyebabkannya malas berbunyi.

Saat proses adaptasi berlangsung, baiknya burung ditempatkan di tempat yang tenang dan jauh dari aktivitas manusia ataupun hewan.

Selain itu, Anda dapat memanjakan burung dengan memberi porsi makan yang lebih serta memperbanyak komunikasi dengan burung agar terbiasa dengan pemilik barunya.

Teknis perawatan harian

Perawatan harian berupa pemberian makan bervariasi sangat disarankan, terlebih makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti buah dan serangga.

Adapun buah-buahan yang biasa dipakai adalah buah apel, pisang kapok, pepaya, atau perpaduan ketiganya yang dicampurkan dalam satu wadah cepuk.

Sementara untuk serangga Anda dapat mengandalkan jangkrik dengan variasi ulat kandang atau kroto.

Jangan lupakan pula pemberian voer, dalam hal ini utamakan voer yang memiliki kandungan protein tinggi semisal voer lele, voer ayam, dan voer hijau biasa.

Pola pemberian pakan jalak suren adalah sebagai berikut:

  • Ulat kandang diberikan saat sarapan sebanyak 1 cepuk
  • Jangkrik sebanyak 3 ekor juga pada pagi hari dan 5 ekor pada sore hari
  • Kroto diberikan 2 – 3 kali dalam satu minggu sebanyak satu sendok teh saja.

Selain pemberian pakan, perawatan harian juga dilakukan dengan memandikan burung dua kali sehari saat pagi dan sore. Setelah itu burung di angin-anginkan secukupnya atau sampai bulunya kering.

Tak lupa juga pemberian multivitamin khusus burung yang mampu menunjang peforma sang jalak suren yang terkenal aktif dan lincah dalam bergerak. Multivitamin ini dapat Anda beli di kios-kios burung langganan.

New Project

Metode pemasteran

Jalak suren dikenal sebagai burung yang rajin mengeluarkan bunyi yang khas dan suaranya cukup menarik meskipun tidak dimaster.

Namun pemasteran tentu akan membuat suara jalak suren lebih bervariasi dan semakin gacor. Sebaliknya tanpa pemasteran suara jalak suren akan terdengar monoton dan tidak ngerol.

Lakukan pemasteran ketika burung sedang beristirahat agar burung dapat fokus mendengar suara masterannya. Anda bisa memanfaatkan suara rekaman masteran jalak suren dalam bentuk mp3 agar tidak repot-repot memboyong burung asli.

Download Suara Jalak Suren Gacor Download Gratis MP3

Dengan metode pemasteran yang benar, maka jalak suren akan mulai mengeluarkan suara-suara merdunya saat berusia 12 bulan lebih.

Namun tidak semua jalak suren yang sudah cukup umur mau rajin berbunyi dan mengeluarkan suara bervariasinya, sebagian malah hanya bisa nggriwik. Untuk mengatasi masalah tersebut lakukan beberapa tips berikut ini.

Cara Menangani Jalak Suren Bersuara Monoton

BUrung jalak suren

Jalak Suren (source: wikimedia.org)

JIka burung jalak suren yang anda beli terlihat sudah mapan dan bisa beradaptasi bisanya muncul permasalahan baru.

Yang saya maksud disini adalah jalak suren bersuara monoton atau mungkin cuma teriak-teriak saja dan kadang hal tersebut membuat jengkel pemiliknya.

Untuk solusi permasalahan tersebut cobalah solusi di bawah ini.

Dekatkan dengan burung lain yang sudah gacor

Jalak suren termasuk burung yang suka hidup dalam kelompok atau koloni, sehingga ketika ada tandemnya, maka burung ini akan berkicau secara saut menyahut berbagi suara isian atau istilahnya song-sharing.

Hal ini dapat kita jadikan sebagai pancingan agar jalak suren mau mengeluarkan suara lebih bervariasi.

Dekatkan sangkar burung dengan burung yang sudah lebih dahulu gacor dan mempunyai komposisi suara yang bervariasi.

Berikan ekstra fooding

Ekstra fooding atau makanan tambahan yang baik untuk merangsang jalak suren berbunyi adalah jangkrik, pisang dan pepaya, serta ulat hongkong. Berikan pakan tambahan tersebut dalam porsi yang lebih banyak dibanding sebelumnya. Ganti pula minumannya dengan larutan penyegar hingga jalak suren mampu mengeluarkan variasi suaranya.

Jagalah kebersihan sangkarnya

Jalak suren tergolong burung yang jorok, untuk itu Anda harus rajin-rajin membersihkan sangkar dan perlengkapannya agar burung menjadi lebih nyaman.

Teknik penjemuran

Berikan durasi penjemuran yang agak lama dari biasanya sambil diperdengarkan audio masterannya atau didekatkan dengan jalak suren lainnya yang sudah gacor.

Kesimpulan

Merawat burung jalak suren bakalan bisa diawali dengan memberi kesempatan bagi burung tersebut untuk beradaptasi dan mengenal lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, teknik pemasteran akan lebih mudah dan cepat. Sebab pemasteran yang tepat dan berhasil akan menghasilkan jalak suren dengan variasi suara yang ngerol. Sebaliknya, proses pemasteran yang kurang dapat menyebabkan burung jalak suren milik kita bersuara monoton.