Hobi Burung

Memilih dan Merawat Burung Kolibri Agar Cepat Gacor

memilih dan merawat burung Kolibri memang tidaklah segampang merawat burung kicauan lainnya. Pasalnya, burung ini terbiasa hidup liar dan memakan madu sebagai sumber energinya.

Jadi, ketika Anda berniat untuk memeliharanya, tentu Anda harus menyiapkan pakan yang berbeda dengan jenis burung pemakan biji atau pun serangga lainnya.

Bukan itu saja, masih banyak teknik perawatan burung kolibri agar cepat gacor yang akan kami bagikan nantinya.

Namun sebelumnya, mari kita belajar terlebih dahulu mengenai cara memilih burung kolibri bakalan melalui tips yang kami bagikan berikut ini.

Cara Memilih Burung Kolibri Bakalan yang Baik

Agar perawatan burung kolibri nantinya semakin mudah dan burung yang dimaster pun cepat gacor, maka kita perlu teliti saat hendak membeli kolibri bakalan.

Simak tips-tips penting di bawah ini:

Lihat dari warna bulunya

Burung kolibri yang baik memunyai ciri-ciri penampakan fisik yang bersih dan sehat. Hal trsebut nampak dari warna bulunya yang terlihat cerah dan tidak kusam.

Pilih Kolibri bakalan yang gerakannya lincah

Tanda burung kolibri bertubuh sehat bisa kita amati dengan melihat gerakannya, semakin lincah gerakan dari burung mungil tersebut, maka semakin fit pula kondisinya.

Baca JugaPanduan Lengkap Tips Membeli Burung Anis Merah

Hal itu dikarenakan ketika berada di alam bebas, sang burung sudah terbiasa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mencri madu atau nektar.

Sangat tidak disarankan untuk membeli kolibri yang nampak lesu dan kurang gerak, itu menandakan bahwa burung dalam kondisi yang sakit.

Lihat faktor keturunannya

Hal ini baru dapat kita amati atau lihat bila kita membeli burung di tempat penangkaran, karena di situlah kita bisa tahu bibit, bobot, serta bebet sang burung.

Faktor keturunan sangat berpengaruh untuk mencetak burung kolibri bakal jawara. Bila indukannya berasal dari gen unggulan, maka kemungkinan besar anakan yang dihasilkan pun memiliki kemampuan yang sama dengan sang induk.

Namun tentu saja, pengamatan ini tidak berlaku untuk burung kolibri bakalan yang didapat dari tangkapan di hutan, karena kita tidak pernah tahu bagaimana indukannya.

Cara Merawat Burung Kolibri

Gambar kolibri jadi

Gambar kolibri jadi

Setelah tahu persis wujud kolibri bakalan yan berkualitas, mari kita bergeser ke topik selanjutnya, yaitu perawatan burung koibri agar cepat gacor. Silahkan disimak mulai dari perawatan harian hingga jenis pakan apa yang perlu diberikan.

Berikut adalah perawatan harian yang harus Anda kerjakan untuk mendapatkan burung kolibri yang cepat gacor.

New Project

Utamakan kebersihan kandangnya

Kebersihan kandang sangat dibutuhkan agar burung menjadi nyaman selama tinggal di dalam sangkar. Burung pun terhindar dari berbagai penyakit seperti kutu, jamur, atau pun parasit pengganggu lainnya.

Bersihkan kandangnya secara teratur agar burung Anda selalu dalam kondisi sehat dan bugar.

Mandikan Burung Secara Rutin

Mandikan burung kolibri Anda secara teratur pada pagi dan sore hari. Mandi pagi bisa dilakukan sekitar pukul 06.00 dan mandi sore pada pukul 15.00.

Dengan terapi madi yang baik dan teratur, kebersihan badan burung lebih terjaga. Hasilnya, burung kolibri Anda bisa terhindar dari kutu dan parasit yang mengganggu. Kualitas tidur dan istirahatnya pun menjadi lebih optimal.

Lakukan Penjemuran

Penjemuran bisa dimulai pada pukul 06.30 hingga 09.00, karena pada jam-jam tersebut sinar matahari masih terasa hangat dan kaya akan vitamin D yang baik bagi kesehatan sang burung.

Jangan Lupa Pemasteran

Langkah pemasteran bisa dimulai pada pagi hari setelah burung dijemur, lakukan pemasteran pada pagi hari sekitar 30 menit saja. Dilanjutkan pada malam hari sebelum burung beristirahat atau sekitar pukul 21.00.

Teknik pemasteran bisa menggunakan suara burung kolibri asli yang sudah gacor, atau dengan cara memperdengarkan rekaman mp3 yang berisi suara kolibri. Tapi perlu di ingat jangan terlalu keras takutnya malah menggangu burung istirahat.

Pemberian pakan

pakan untuk burung kolibri

pakan untuk burung kolibri

Untuk mencetak burung kolibri yang gacor, tentu kita tidak boleh melupakan faktor pemberian pakan. Asupan pakan yang bergizi dan memiliki kecukupan nutrisi dapat menunjang kesehatan sang burung.

Untuk melengkapi kebutuhan gizi tersebut, selayaknya kita menyediakan extra fooding yang bervariatif, semisal: kroto dan juga madu asli.

Untuk krotonya, pilihkan kroto khusus untuk burung kolibri. Anda bisa mendapatkannya di pasar burung, atau di toko alat-alat perlengkapan burung. Jenis kroto ini sudah banyak beredar di pasaran.

Demikian pula untuk minumannya, berbeda dengan burung kicauan pemakan buah dan biji, untuk burung kolibri, baiknya Anda persiapkan air madu, susu kental, air gula, serta air mineral.

Jika memungkinkan, Anda dapat meletakkan empat cepuk yang berbeda di dalam kandangnya. Memang sedikit ribet, namun semua akan sebanding dengan hasil yang diperoleh nantinya.

Karena sedari awal telah kami sampaikan bahwa burung ini istimewa dan membutuhkan perawatan serta pemberian pakan yang spesial pula.

Kesimpulan

Dalam memilih burung kolibri bakalan, hal yang perlu diperhatikan adalah penampilan fisik sang burung. Apakah burung tersebut terlihat lincah atau justeru lemas, warna burung yang cerah lebih diutamakan.

Penampilan fisik yang demikian menandakan kondisi burung sedang fit atau sehat. Factor keturunan juga sangat menentukan, oleh sebab itu, disarankan membeli burung kolibri yang berasal dari penangkaran yang sudah jelas asal usulnya.

Disamping proses pemilihan, yang perlu diperhatikan untuk mencetak burung kolibri gacor adalah perawatan harian yang dilakukan, serta pemberian pakan yang bernutrisi tinggi.

Demikianlah kiat memilih serta merawat burung kolibri yang bisa kami sampailkan pada kesempatan ini.

Jika ada tambahan mengenai teknik pemilihan dan perawatan burung kolibri, silahkan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia.

Semoga artikel ini dapat semakin melengkapi referensi Anda seputar burung kolibri yang cantik dan eksotis ini.