Hobi Burung

Jenis Burung yang Bisa Saja Punah di Abad Ini

Jenis Burung yang Bisa Punah di Abad Ini – Di dunia ini banyak sekali spesies burung yang belum kita ketahui keberadaannya. Selain karena keterbatasan kita dalam mengenal aneka satwa terbang tersebut, beberapa diantaranya memang sudah / sedang terancam.

Sayang sekali bukan? Sebelumnya kami juga sudah menulis 8 Burung yang sudah punah. Jika para pembaca mengamati dengan seksama pada jenis-jenis burung yang terancam punah tersebut, maka kita akan mendapati bahwa burung-burung cantik itu memiliki populasi kecil di pulau yang terpencil. Apa saja jenis burung yang bisa punah di abad ini? Mari kita simak bersama-sama.

Jenis Burung yang Bisa Saja Punah di Abad Ini

Apa saja jenis burung yang bisa punah di abad ini?  dan jangan sampai murai jawa dan juga jenis burung lain punah. Berikut daftar burung yang perlu kita lestarikan dan jaga keberadaannya untuk menghindarkannya dari kepunahan.

Spesies Macaw Brazil

spix macaw brazil

Spix macaw brazil – sumber: letsdrawfactualfiction.com

Jika Anda pernah melihat film animasi berjudul “Rio”, maka Anda akan mendapati seekor burung berwarna biru dengan paruh menyerupai lovebird. Dalam kehidupan di alam liar, burung terebut dikenal dengan nama Spix Macau Brazil.

Sayang sekali, kehadiran burung Spix Macau di alam liar tidak akan kita jumpai lagi karena burung tersebut sudah punah. Dan kabar yang lebih buruk lagi, beberapa spesies macaw Brazil lainnya juga tengah terancam punah.

Poo-uli / Honeycreeper

Gambar burung Honeycreeper

Gambar burung Honeycreeper

Burung yang memiliki habitat di Pulai Maui, Hawaii ini, dinyatakan punah pada tahun 2004. Sebelumnya, para peneliti telah mengupayakan untuk mengembangbiakkan burung bermuka hitam ini dalam sebuah konservasi. Namun sayangnya, proyek tersebut gagal.

Cryptic treehunter

cryptic treehunter

Cryptic treehunter – Sumber: sci-news.com

Lain lagi dengan Cryptic treehunter, burung ini baru ditemukan oleh para peneliti pada tahun 2002, namun lima tahun kemudian, atau tepatnya pada tahun 2007, keberadaan burung ini tidak lagi dijumpai di alam liar. Masalah klasik seperti pembalakan liar ditengarai menjadi penyebab utama hilangnya populasi Cryptic treehunter.

Alagoas foliage-gleaner

-Gambar belum Tersedia-

Masih dari negara Brazil, ada pula burung Alagoas foliage-gleaner yang juga dikabarkan telah punah. Menurut keterangan dari Biological Conservation, burung pemakan serangga daun ini telah tercatat punah sejak tahun 2011 yang lalu. Diketahui, burung ini punah karena habitatnya pun sudah hilang oleh sebab penggundulan hutan secara besar-besaran di Brazil.

Glaucous macaw

Gambar Glaucous macaw

Gambar Glaucous macaw

Burung ini biasanya banyak ditemui di pekebunan-perkebunan sawit Argentina, Uruguay, serta Brazil. Namun kini burung cantik tersebut terancam kepunahan oleh sebab perburuan dan pembalakan liar.

Pernambuco pygmy

-Gambar belum Tersedia-

Pernambuco pygmy atau salah satu spesies burung hantu ini juga tidak lagi ditemui sejak tahun 2002. Burung pemakan serangga dengan tinggi 15 cm sudah jarang ditemui di habitatnya oleh sebab adanya pembukaan lahan-lahan baru di hutan.

Kesimpulan

Dari 51 spesies burung yang terancam punah (berdasarkan daftar merah Union Conservation of Nation), delapan spesies telah diklasifikasikan ulang menjadi punah, dan empat diantaranya dinyatakan sangat terancam punah. Faktor-faktor yang menyebabkan punahnya burung-burung tersebut adalah hilangnya habitat asli mereka oleh pembalakan liar, pembukaan lahan yang tidak berkelanjutan, serta kekeringan.