Murai Batu

Vitamin Khusus Yang Akan Membuat Murai Batu Semakin Fit

Vitamin Murai Batu, Burung Murai yang bagus dan sehat tentunya akan menjadi salah satu kebanggaan bagi pemiliknya. Namun untuk mendapatkan kualitas yang baik, asupan yang diberikan kepada si burung kicauan yang satu ini juga harus baik. Salah satunya yakni dengan memberikan vitamin khusus untuk Murai Batu, namun jenis vitamin khusus apa yang baik bagi Murai Batu?

Vitamin yang dimaksudkan adalah vitamin B-Complex, jenis vitamin yang satu ini dibutuhkan lebih banyak oleh Murai Batu. Di dalam Vitamin B-Complex terdiri dari berbagai kandungan vitamin lainnya yang sangat berguna bagi tubuh Murai Batu. Mulai dari vitamin B1, B2, B6, B9, dan B12 dengan beragam fungsinya.

Vitamin untuk murai batu

Vitamin B-Complex (source: sachinindia.com)

Untuk lebih jelasnya mengenai kandungan vitamin B-Complex ini bisa dilihat sebagai berikut:

Vitamin B1 – fungsi dari vitamin B1 yakni dapat membantu dalam mengolah kabohidrat sehingga menjadi energi. Selain itu vitamin yang satu ini juga sangat penting untuk jantung, sistem syaraf, dan juga otot pada Murai Batu.

Vitamin B2 – memiliki beragam fungsi, mulai dari mengolah karbohidrat menjadi energi, memproduksi sel darah merah, serta sangat baik untuk menjaga penglihatan si burung kesayangan.

Vitamin B6 – sangat berguna untuk membantu dalam proses penyerapan protein dan juga membantu untuk proses produksi sel darah merah dalam tubuh Murai Batu.

Vitamin B9 – kandungan vitamin B9 dalam tubuh akan membantu dalam produksi sel darah merah serta DNA.

Vitamin B12 – vitamin yang satu ini akan sangat berguna dalam penambahan nafsu makan Murai Batu. Selain itu juga penting untuk sistem syaraf si burung agar dapat bekerja dengan lebih baik.

Jika dilihat secara keseluruhan, Vitamin B-Complex ini memiliki fungsi untuk memperlancar peredaran darah yang ada dalam tubuh maupun otak Murai Batu. Bukan hanya itu saja. vitamin B-Complex in juga sangat berguna karena dapat membantu dalam pemeliharaan sistem syaraf pada tubuh burung.

Vitamin B-Complex seperti apa yang harus dipilih?

Biotin (source: sepalika.com)

Jika Anda masih bingung dengan jenis vitamin khusus/vitamin B-Complex untuk Murai batu ini. Sebagai saran pilihlah vitamin B-Complex yang di dalamnya juga terkandung Biotin.

Biotin merupakan salah satu unsur yang dapat membantu dalam proses pertumbuhan bulu, utamanya pada bagian ekor burung sehingga tumbuh dengan baik. Selain itu, kandungan Biotin ini juga dapat membantu dalam menekan stress pada burung yang macet sehingga dapat cepat bersuara.

Manfaat VItamin B-Complex

Vitamin B-Complex ini dapat digunakan untuk si burung dengan berbagai gejala, mulai dari burung yang lesu, kurang nafsu makan, kejang-kejang, mental down, atau bisa juga digunakan pada burung yang tiba-tiba lumpuh/stroke, serta gejala lainnya. Meski vitamin B-Complex dapat ditemukan dimana-mana, namun berhati-hatilah dalam memilih jenis vitamin yang satu ini.

Pilihlah produsen terpercaya untuk membeli vitamin khusus bagi burung Murai Batu kesayangan Anda, sebab di pasaran banyak beredar vitamin B-Complex palsu yang dapat membuat keadaan burung malah menjadi buruk.

Vitamin (source: nutraingredients.com)

Kebutuhan Burung

Selain Vitamin B-Complex, burung Murai Batu juga sangat membutuhkan Multivitamin, Mineral, dan juga Amino Acids yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh si burung yang selalu disangkarkan. Sebab dengan keterbatasan variasi asupan makanan yang diterima burung, menjadikan kualitas burung tidak dapat optimal. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan asupan dari jenis lain seperti yang disebutkan di atas mulai dari pemberian Vitamin B-Complex, Multivitamin lainnya, Mineral, dan Amino Acids.

Harga Murai Batu Ekor Panjang Lebih Mahal dari Motor 150cc kok bisa ?

5 Burung KIcauan Dengan harga Tawaran Tertinggi sampai 300 juta

Vitamin E juga sangat penting untuk Murai Batu, karena vitamin yang satu ini dapat membuat bulu burung lebih mengkilap dan juga memacu birahi pada si burung. Namun pemberian vitamin E ini harus sesuai takaran. Jika berlebihan malah akan mengakibatkan false molt atau kita kenal sebagai mabung sebelum waktunya.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan burung Murai Batu yang fit.  Takaran pemberian vitamin B-Complex, multivitamin, mineral, dan juga Amino Acids ini juga sangat penting. Sebaiknya jangan berlebihan memberikan asupan, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh Murai Batu. Jika perlu, bahkan Anda dapat mencari tahu kepada orang yang ahli dalam bidangnya (bila perlu bisa tanya ke dokter hewan). Untuk mendapatkan takaran yang akurat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top