Hobi Burung

Cara Merawat Burung Cendet Lengkap, Harian, Lomba dan Macet bunyi

Cara Merawat Burung Cendet bisa di bedakan berdasarkan tujuan dan kondisi burung cendet, secara garis besar ada 3 perawatan umum yang perlu kamu ketahui.

Yang pertama perawatan harian, yang kedua perawatan ketika burung mau di lombakan dan yang terakhir adalah ketika burung cendet dalam kondisi macet bunyi.

Memiliki cendet jawara adalah impian bagi setiap pecinta burung yang juga dijuluki pentet ini. Maklum saja, selain membawa gengsi, cendet yang kerap menjadi juara lomba juga mempunyai harga jual yang tinggi di kemudian hari. Bagi Anda yang penasaran, inilah cara merawat burung cendet agar menjadi langganan jawara.

Cara Merawat Burung Cendet

Untuk mencetak burung cendet bakal juara, tentu dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan dalam hal perawatan. Langkah-langkah yang telah kami susun berikut ini merupakan saduran dari master burung cendet yang sudah berhasil membawa burungnya merajai dunia gantangan, silahkan disimak.

Perawaatan harian

Perawatan Cendet Harian

Perawatan Cendet Harian

Perawatan harian adalah perawatan rutin sehari-hari yang wajib untuk dikerjakan. Pola perawatan harian ini berlaku selama 5 hari yakni mulai dari hari Senin hingga Jum’at.

Perawatan harian ini dimulai sejak pagi hari dengan membuka kerodong sangkar dan bawa burung untuk diangin-anginkan sebentar di teras.

Baca juga : Cara Merawat Pleci Dan Penanganan Pleci Macet Bunyi

Sekitar pukul 7 pagi, Anda dapat memandikan burung dengan cara disemprot. Untuk jadwal pemandiannya tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup dua kali dalam seminggu, ambil contoh saja pada hari Senin dan Kamis.

Selepas mandi jemurlah burung cendet tersebut dalam kondisi tertutup alias dikerodong

Masih dalam posisi dikerodong, burung dapat diangin-anginkan terlebih dahulu hingga tubuhnya kering

Berikan pakan berupa voer yang mempunyai kandungan protein tinggi

Berikan makanan tambahan berupa 8 ekor jangkrik yang diberikan pada pagi dan sore hari

Perawatan menjelang lomba

Burung cendet lomba

Burung cendet lomba

Sementara itu, saat menjelang lomba, burung cendet juga perlu diberikan perawatan khusus agar dapat tampil maksimal saat naik gantangan.

Mulailah perawatan khusus menjelang lomba ini setidaknya sehari sebelum hari perlombaan

Kerjakan perawatan harian seperti biasa, namun tidak perlu melakukan penjemuran

Porsi makanan ditambah dengan kroto dan tambahan jangkrik sebanyak 20 ekor per hari dibagi dua, 10 ekor di pagi hari dan 10 ekor di sore hari.

Saat hari perlombaan (hari-H), pola perawatan kembali seperti sedia kala, namun porsi kroto dan jangkriknya tetap ditingkatkan.

Selepas perlombaan, mandikan burung sore harinya dengan cara disemprot.

Adakalanya meski pun telah dirawat sedemikian rupa, burung cendet yang tadinya sudah gacor tiba-tiba macet bunyi. Penyebabnya bermacam-macam, demikian pula untuk solusinya tergantung pada pokok masalah yang sedang dihadapi.

Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi

Gambar cendet macet bunyi

Gambar cendet macet bunyi

Faktor yang paling sering menyebabkan burung cendet mogok berbunyi adalah karena burung menjadi stress dan kalah mental selepas kalah bertanding, stress karena sedang sakit, atau karena adanya gangguan hewan lain seperti kutu, serangga, dsb.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Yang Baik dan Penanganan Lovebird Macet Bunyi

Jika terus dibiarkan, maka kondisi burung akan semakin drop dan malah tidak mau berbunyi sama sekali. Akan tetapi jika burung cendet yang anda miliki sudah terlanjur jadi macet bunyi, anda bisa mencoba melakukan hal-hal berikut ini untuk mendongkrak kembali peforma cendet yang macet bunyi:

Langsung saja kita bahas satu per satu penyebab dan solusi untuk cendet macet bunyi.

Macet bunyi akibat ketakutan

Burung cendet memiliki kecenderungan untuk takut pada hal baru yang dilihatnya. Biasanya khasus ini terjadi pada burung yang digantang di luar rumah atau dekat dengan jalan raya yang ramai. Dua gejala yang dapat kita lihat jika burung cendet mengalami hal ini adalah burung menjadi macet bunyi atau melakukan gerakan salto sebagai tanda kepanikannya.

Solusi: Segera pindahkan burung cendet Anda ke tempat yang lebih tenang agar burung bisa lebih rileks dan mau berbunyi kembali dengan lancar.

Macet bunyi karena makan serangga beracun

Saat melihat ada serangga kecil memasuki jangkauannya, maka naluri predator cendet akan membuat burung tersebut memangsa serangga tersebut.

Jika serangga yang dimangsanya adalah serangga beracun, maka hal tersebut dapat menimbulkan infeksi pada saluran tenggorokan serta alat pencernaannya.

Solusi: Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan madu dan juga buah papaya yang sudah dipotong kecil-kecil.

Anda dapat melolohkan buah tersebut secara langsung atau mencampurkannya pada wadah voer. Buah papaya diakini mampu mengatasi racun serangga serta membantu memulihkan system pencernaan burung.

Langkah kedua yang patut dilakukan adalah memberikan perawatan lanjutan pada burung dengan memberikan obat-obatan dan vitamin.

Macet bunyi karena kurang birahi

Kurang birahi dan asupan nutrisi juga menjadi pendorong untuk cendet mogok bunyi. Gejalanya bisa kita lihat jika burung menampakkan perilaku miyik pada perawatnya.

Solusi: Berikan ekstra food yang lebih bervariasi seperti jangkrik, ulat kandang, dan kroto. Setelah itu berikan porsi tambahan penjemuran agar birahi sang burung dapat kembali.

Kesimpulan

Burung cendet

Burung cendet

Cara merawat burung cendet agar menjadi jawara bisa kita lakukan dengan memberi perawatan harian yang baik dan benar serta memberikan perawatan khusus sehari sebelum dilombakan.

Apabila terjadi macet bunyi, ada baiknya kita perhatikan terlebih dahulu penyebabnya sehingga kita mampu menemukan solusi terbaik untuk mengembalikan peforma cendet seperti sedia kala.

Selain perawatan di atas ada beberapa perawatan lain yang akan saya tambahkan seperti perawatan ketika cendet ganti bulu dan ketika burung cendet masih anakan.