Hobi Burung

Cara Merawat Pleci Dan Penanganan Pleci Macet Bunyi

Cara Merawat Pleci – Setiap pemilik burung pleci tentu mengidam-idamkan burung peliharaannya bisa gacor sehingga ketika berbunyi dapat menyihir siapa saja yang mendengarkannya.

Akan tetapi kadang haslinya tidak sesuai yang di harapkan bahkan perawatan yang salah dapat mengakibatkan pleci jadi malas / macet bunyi.

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut akan kami bagikan cara merawat burung pleci agar cepat gacor.

Cara Merawat Burung Pleci

Gambar Burung Pleci

Gambar Burung Pleci

Burung pleci yang baru dibeli biasanya memiliki sifat agresif atau tidak mau diam, terlebih lagi jika pleci ersebut adalah hasil dari tangkapan di hutan bebas.

Salah satu hal yang wajib anda perhatikan adalah usahakan untuk memilih pleci yang berjenis kelamin jantan. Sebab pleci jantan lah yang bisa lebih mudah gacor mengeluarkan suara isian.

Baca JugaCara Akurat Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Karena itulah butuh kesabaran ekstra bagi pemiliknya untuk menjinakkan burung tersebut. Pleci yang sudah jinak akan memudahkan proses pemasteran sehingga bisa gacor lebih cepat, sebaliknya pleci yang masih liar tidak akan mau berbunyi.

Proses penjinakan

Faktor serta metode untuk mempermudah penjinakan pleci antara lain sebagai berikut,

Pemilihan kandang

Kandang pleci

Kandang pleci

Pleci yang biasa hidup di alam bebas tentu akan merasa stress jika dikurung di dalam sangkar yang sempit. Oleh sebab itu sediakanlah sangkar yang cukup besar untuk memberikan kenyamanan bagi sang burung. Idealnya besaran sangkar pleci adalah 20 x 20 x 20.

Gantang di tempat keramaian

Untuk mempercepat adaptasi, usahakan menggantang burung pleci di tempat keramaian, atau yang sering dilalui orang. Bisa juga dengan meletakkan sangkar di dekat ruangan televisi tempat orang berkumpul atau mengobrol.

Jika Anda mempunyai lebih dari satu burung pleci, maka hindari menggantangnya dalam jarak yang berdekatan.

Hal ini bertujuan untuk memancing burung kaca mata sehingga mereka terpancing untuk ngerol dan mengeluarkan kicauan yang merdu.

Mandikan dengan rutin

Burung pleci mandi

Burung pleci mandi

Memandikan burung pleci, utamanya di malam hari sangat baik dilakukan sebagai metode penjinakan. Semakin rutin Anda memandikan burung, maka semakin cepat pula proses penjinakannya.

Lakukan pemasteran

Proses pemasteran dilakukan untuk memancing agar pleci semakin lancar dalam berkicau serta memiliki banyak variasi suara.

Pemasteran tidak harus dengan mendatangkan burung lain yang sudah gacor, kini Anda dapat mendownload rekaman suara burung master dalam format mp3 sebagai ganti burung asli.

Lakukan pemasteran secara terus menerus dengan satu jenis suara saja selama 2 minggu.

Baru setelahnya, Anda dapat memasukkan variasi suara lain selama dua minggu lagi, dan begitu seterusnya hingga Anda mendapatkan kicauan pleci yang diinginkan.

Lakukan penjemuran

Penjemuran bisa dilakukan saat pagi buta, atau istilahnya pengembunan hingga pukul 9 pagi.

Pemberian pakan

Ragam Pakan UNtuk Pleci

Ragam Pakan UNtuk Pleci

Selama merawat burung pleci, jika burung pleci masih benar-benar bakalan coba berikan campuran voer dengan pisang.

Hal tersebut bertujuan agar pleci dapat menyesuaikan untuk mengkonsumsi voer. Jika pleci sudah nge-voer maka perwatannya akan lebih mudah.

Berilah pakan yang bergizi tinggi seperti voer berkualitas, ulat sebanyak minimal 3 ekor, serta kroto sebanyak 1 sendok teh.

Baca jugaRagam Pakan dan Vitamin untuk Pleci agar Gacor

Jangan lupa pula untuk memberi tambahan makanan berupa buah-buahan seperti pisang, apel, atau pepaya. Gantilah buah yang tersisa dengan yang lebih segar setidaknya dua hari sekali.

Cara merawat burung pleci di atas tentu bertujuan untuk mendapatkan burung pleci yang gacor serta unggul dalam peformanya.

Namun seperti kebanyakan burung kicauan lainnya, pleci juga kerapa menghadapi masalah macet bunyi. Cobalah tips dari kami berikut ini untuk menuntaskan masalah pleci yang macet bunyi tersebut.

Cara Mengatasi Pleci yang Macet Bunyi

Pleci macet bunyi

Pleci macet bunyi

Beberapa faktor penyebab pleci macet bunyi antara lain, burung sedang dalam tahap mabung, burung sedang sakit, burung mengalami stress, dan tidak mempunyai pasangan atau teman saat di rumah. Untuk mengembalikan peforma pleci seperti sedia kala, berikut adalah langkah yang harus ditempuh.

Perawatan harian

Lukukan penggantangan pleci secara rutin di pagi hari, agar pleci mendapatkan sinar matahari pagi secara langsung.

Berikan ulat hongkong atau ulat kandang secukupnya sebagai makanan tambahan.

Mandikan dengan air dingin atau yang berasal dari lemari es

Berikan pakan yang lebih bervariasi seperti buah-buahan dalam berbagai jenis dan kroto segar setiap pagi harinya.

Berikan vitamin atau suplemen burung.

Jaga kebersihan sangkar serta peralatan di dalamya agar burung pleci lebih nyaman.

Terapi untuk memulihkan pleci macet bunyi

Menurut ahlinya, menempatkan sangkar pleci di dasar lantai ruangan atau kamar sambil diperdengarkan lagu master mampu membantu mengembalikan peforma pleci menjadi gacor seperti sedia kala. Setel rekaman suara tersebut dalam volume yang cukup keras atau dekatkan speker pada sangkar.

Gantangkan pleci di dekat pleci lainnya yang bersuara gacor agar dapat memancing burung tersebut kembali rajin berbunyi.

Baca juga : Cara Efektif Agar Pleci Gacor dan Rajin Bunyi

Terapi selanjutnya ini tergolong unik, namun sangat patut untuk dicoba, yaitu dengan cara mengajak pleci jalan-jalan sesering mungkin.

Kesimpulan

Cara merawat burung pleci agar cepat gacor dapat diawali dengan menjinakkan burung tersebut terlebih dahulu, setelah burung jinak dan siap.

Kita bisa melakukan proses pemasteran dengan mudah dan cepat. Pemberian pakan yang bernutrisi juga merupakan faktor pendukung utama dalam keberhasilan perawatan burung pleci tersebut.

Kenali pula penyebab pleci macet bunyi sehingga kita bisa memberikan perawatan serta terapi yang tepat guna memulihkan peforma burung tersebut.