Hobi Burung

Cara Akurat Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Bisakah membedakan antara pleci jantan dan betina ? jawabannya Bisa, pleci jantan maupun betina pada umumnya memiliki beberapa perbedaan secara fisik maupun tingkah laku.

Ketika membeli burung pleci di kandang ombyokan pasti ada belasan atau bahkan sampai puluhan burung pleci yang di taruh dalam satu kandang, sebagai pembeli tentu kita berharap bisa mendapatkan pleci jantan.

Burung pleci jantan memiliki kisaran harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pleci betina. Hal ini dikarenakan pleci jantan memiliki banyak keunggulan dalam segi kicauan yang dimilikinya

Perbedaan Pleci jantan dan betina

Hanya saja karena pleci merupakan jenis burung yang antara jantan dan betinanya memiliki fisik yang hampir sama, maka jika hanya dilihat sepintas dari ukuran tubuh serta warna burung atau hal lainnya secara umum kami rasa masih kurang cukup. Ada beberapa poin penting yang bisa anda amati seperti :

  1. Sifat / tingkah laku burung di kandang ombyokan
  2. Amati Bagian veint / anus burung pleci
  3. Lihat lingkaran putih yang dimiliki
  4. Ukuran tubuh
  5. Bentuk ekor
  6. Harga pleci
  7. Suara pleci

Untuk detailnya mari kita bahas satu persatu.

CIRI PLECI JANTAN

yang pertama dari sifat atau tingkah laku, kebanyakan pleci berjenis kelamin jantan bisanya memiliki sifat yang seolah mendominasi dan agresif contohnya adalah sering mengeluarkan suara ci ci ci ketika di dalam kandang ombyokan, ketika sedang merasa terganggu pleci jantan akan mematuk burung pleci di sebelahnya, dan kalau beruntung anda bisa menemukan pleci jantan yang sedang ngriwik yang di tandai dengan suara yang keluar dari leher pleci tersebut.

Kemudian cara kedua anda bisa mengamati bagian vent / anusnya, nah untuk memudahkannya saya sarankan untuk menyiapkan setidaknya 2 burung pleci yang nantinya bisa anda bandingkan.

Membedakan Pleci Jantan Betina

Cara akurat dalam Membedakan Pleci Jantan Betina (sumber gambar : http://paburung.club )

Seperti yang terlihat dari gambar di atas vent pleci jantan berbentuk lebih kecil dan terleihat memanjang. Sedangkan pleci betina memiliki bentuk yang berbeda dari pleci jantan yang dimana berbentuk lebih pendek dan agak lebar.

Gambar pleci jantan

Gambar pleci jantan

Suara Burung Jos

Dari gambar pleci jantan di atas bisa dilihat apabila pleci jantan memiliki ciri sebagai berikut :

Bentuk kepala Pleci jantan lebih memanjang dan  dan biasanya lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan  burung pleci betina. Pleci jantan pada umumnya memiliki klep  / kacamata putih yang lebih tebal.

Pleci jantan memiliki bentuk tubuh yang tampak lebih panjang dan ramping serta pada bagian ekornya berbentuk huruf V yang lancip.

Kloaka pada pleci jantan berbentuk menonjol (tertama saat ditiup) dan terlihat agak memanjang dan biasanya burung pleci yang berjenis kelamin jantanlah yang mau ngalas / bongkar isian.

Dengan suara kicauannya yang lebih bagus dari betina tidak heran apabila pleci jantan lah yang memiliki harga jual yang lebih tinggi dari pleci betina.

CIRI PLECI BETINA

Berbeda dengan pleci jantan ada beberapa hal yang bisa anda lihat untuk memastikan apakah burung yang anda beli adalah pleci betina. Jika anda ingin menangkarkan burung pleci maka pleci betina menjadi salah satu kunci untuk dapat menghasilkan keturunan berkualitas dari burung pleci.

Namun untuk membedakan mana pleci jantan dan betina bukanlah hal yang mudah. Berikut beberapa ciri pleci betina yang sudah kami rangkum lengap.

Gambar pleci betina

Gambar pleci betina

Dari gambar diatas bisa dilihat jika pada umumnya pleci betina memiliki ukuran kepala yang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan burung pleci jantan Pleci betina memiliki kacamata yang cenderung lebih tipis jika di bandingkan dengan pleci jantan.

Bentuk vent pada burung pleci betina terlihat lebih papak / Rata. Selain itu Pada umumnya pleci betina hanya akan mengeluarkan suara pangilan khas burung pleci.

KESIMPULAN

Kenapa banyak orang yang ingin membeli pleci jantan dari pada pleci betina ? alasasnya sederhana pleci jantan cenderung memiliki suara kicauan yang lebih lantang dan bervariasi jika di bandingkan pleci betina, sehingga harga jual pleci jantan yang sudah buka paruh akan jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan pleci betina.

Pada umumnya para penjual burung di pasar maupun di lapangan pasti sudah memilah pleci yang dirasa potensial di kandang soliter hanya saja anda perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli burung tersebut.

Baca juga : Ciri Kenari Jantan Dan Betina yang paling Akurat

Meski begitu, untuk menghindari penipuan tentunya Anda sendiri harus dapat membedakan pleci jantan dan betina. Untuk melakukan hal tersebut, 7 ciri yang disebutkan di atas harusnya sudah cukup untuk Anda dapat membedakan pleci jantan dan betina dari bentuk fisik, warna bulu, bentuk ekor, dan sebagainya