Hobi Burung

Inilah Ciri Kenari Jantan Dan Betina yang paling Akurat

Membedakan Kenari Jantan dan Betina – Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang banyak diminati kala ini, jenis burung yang satu ini memang selain memiliki warna bulu yang cantik namun juga memiliki suara yang merdu.

Namun meski begitu, tidak sedikit di kalangan masyarakat yang memelihara burung kenari masih merasa kebingungan untuk menentukan jenis kelamin / membedakan kenari jantan dan betina yang dimilikinya.

Tidak heran sebab jika dilihat sekilas saja entah itu dari postur tubuhnya atau warna bulu burungnya saja, hal tersebut tidaklah cukup untuk membedakan kenari jantan dan betina.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya ada banyak tips maupun cara yang diberikan penghobi burung untuk membedakan kenari jantan dan betina dalam berbagai cara yang mudah difahami oleh setiap orang. Berikut ini ada berbagai cara jitu membedakan kenari jantan dan betina, silahkan disimak dengan hati-hati.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Dewasa

Burung Kenari (source: toko-lovebird)

Sama halnya dengan burung pleci yang dimana burung jantan dan betina memiliki bentuk dan juga warna yang cukup mirip, nyatanya kenari juga antara jantan dan betina sangat mirip dan cukup susah di bedakan. Terlebih lagi jika yang ingin di bedakan adalah kenari yang masih muda / trotolan.

Sedangkan untuk menentukan mana kenari yang jantan dan mana kenari betina yang sudah dewasa anda bisa mengikuti panduan membedakan kenari jantan dan betina di bawah ini.

Ciri Kenari Jantan Dewasa

CIri Kenari Jantan

CIri Burung Kenari Jantan bisa dilihat pada bagian bawah burung seperti pada gambar di atas,

Memang cukup sulit untuk dapat membedakan kenari jantan dan betina dewasa jika di lihat dari warna mapun bentuk fisiknya, namun hal tersebut bukanlah hal yang mustahilsalah satu cara yang paling efektif adalah dengan melihat  Bentuk Kloaka (dubur) burung kenari, jika burung tersebut berjenis kelamin jantan maka kloakanya akan keci dan panjang seperti gambar di atas.

Ciri Kenari Betina Dewasa

Ciri Kenari Betina

CIri Burung Kenari betina bisa dilihat pada bagian bawah burung seperti pada gambar di atas,

Jika dilihat dari postur tubuh, sulit menentukan bahwa burung kenari tersebut berjenis kelamin betina. Selain cara di atas ada beberapa cara efektif untuk menentukan bahwa burung kenari tersebut berjenis kelamin betina, yakni: Bentuk Kloaka burung kenari betina terlihat datar dan agak lebar maka kemungkinan besar burung tersebut adalah kenari betina.

Perbedaan Kenari Anakan Jantan dan Betina

Gambar kenari muda atau anakan

Gambar kenari muda atau anakan

Tidak seperti kenari yang sudah dewasa, membedakan kenari jantan dan betina saat masih anakan memiliki tingkat kesulitan ang jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan burung yang sdah dewasa. Berikut beberapa ciri yang bisa anda amati untuk membantu memudahkan anda dalam mengidentifikasi jenis kelamin anakan kenari.

Ciri Kenari Anakan Jantan

Saat burung kenari berusia 3 hari (anakan), akan terlihat pembuluh vena pada bagian perut burung yang turun menuju bagian dubur (cara ini hanya dapat dilakukan saat bulu burung belum tumbuh). Bentuk kepala burung kenari jantan terlihat pipih dan lebih datar. Saat burung kenari sudah dapat membuka mata, posisi mata akan berada sejajar dengan paruhnya.

Di sepanjang tulang belakang pada burung kenari jantan terdapat warna yang tegas dan juga pekat. Kaki burung kenari jantan lebih panjang dan juga memiliki posisi jari-jari yang lebih renggang. Kenari jantan akan memiliki jenis suara yang ngerol, keras, dan juga bervariasi. Saat usia kenari 2-3 minggu, lompatan kenari jantan lebih jauh dibandingkan dengan kenari betina.

Ciri Kenari Anakan Betina

Tidak terlihat pembuluh vena pada bagian perut burung kenari menjadi salah satu ciri bahwa burung tersebut berjenis kelamin betina. Bentuk kepala kenari betina memiliki bentuk yang lebih bulat.

Saat burung kenari sudah dapat membuka mata, posisi mata tidak sejajar dengan paruhnya atau posisi matanya berada di atas paruh. Kenari betina memiliki warna di bagian tulang belakang yang tegas dan pekat, namun tidak di sepanjang bagian tulang belakang.

Bentuk kaki burung kenari betina lebih pendek dibandingkan dengan burung kenari jantan, selain itu posisi jari-jarinya juga lebih rapat.

Kenari betina memiliki suara yang standar, tidak banyak variasi yang diberikan, dan juga bunyinya tidak ngerol (meski begitu ada sebagian kenari betina yang ngerol namun putus-putus serta cenderung monoton). Saat usia burung kenari 2 – 3 minggu, lompatan kenari betina lebih pendek dibandingkan dengan kenari jantan.

KESIMPULAN

Menentukan jenis kelamin burung kenari jantan atau betina memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, namun dengan mempelajari berbagai cara membedakan kenari jantan dan betina di atas akan lebih mudah untuk dilakukan.

Baca juga : Ciri Lovebird Jantan dan betina

Meski cara di atas pada prakteknya terbilang rumit, namun jika Anda mempelajarinya dengan seksama dan teliti, maka membedakan kenari jantan dan betina dapat dilakukan dengan mudah.