Hobi Burung

Ciri Burung Beo Jantan dan Betina, bagus mana ?

Beo Jantan dan Betina memang cukup sulit untuk dibedakan. Mengingat antara burung jantan dan betina memiliki ciri fisik yang hampir sama.

Utamanya bagi mereka yang baru mengenal jenis burung kicau. Karena itulah bagi anda yang ingin mengetahui perbedaan yang dimiliki keduanya.

Maka pastikanlah untuk memperhatikan  bagian utama dari burung beo yang juga dikenal dapat menunjukkan ciri-ciri yang membedakan diantara jenis burung beo jantan dengan betina. Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah uraian berikut ini :

Ciri Burung Beo Jantan Dewasa

Gambar beo jantan

Gambar beo jantan sumber gambar : faunanyc.com

Ciri pertama ditunjukkan pada ukuran tubuh dari beo jantan yang umumnya agak lebih kecil dari betina, ciri yang satu ini akan lebih terlihat jika kedua burung beo yaitu jantan dan betina disatukan dalam kandang yang sama.

walaupun memiliki bentuk tubuh yang relatif lebih kecil akan tetapi beo jantan pada umumnya memiliki bentuk kepala yan kelihatan agak lebih besar / papak / kotak.

Pada bagian belakang kepalanya pun terbentuk lengkungan sudut seperti siku-siku. Selain itu mata burung beo jantan juga memiliki ukuran yang lebih lebar.

Ciri selanjutnya terlihat melalui bentuk paruh, yang mana ukuran paruh beo jantan lebih besar dan pendek. Dengan kata lain jika dilihat dari depan paruh beo jantan itu nampak lebih lebar.

Ciri lain beo jantan

Bagian selanjutnya nampak melalui cara berdiri dari burung beo jantan yang cenderung atau bahkan kerap kali menunduk serta membungkukkan tubuh yang dimilikinya. Hal ini dilakukannya karena tubuh dari burung beo jantan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan burung beo betina.

Jengger juga menjadi ciri khas selanjutnya dari burung beo, meskipun memiliki tampilan yang nampak sama, faktanya jengger burung beo jantan itu memiliki warna kuning yang cukup gelap. Selain itu di bagian sisi dari samping mata beo juga terbentuk ukuran segitiga yang tidak beraturan.

Ciri lainnya dari burung beo jantan terlihat melalui bagian kloaka atau saluran pembuangan yang dimilikinya, yang mana pada burung beo jantan itu terdapat benjolan yang cukup mencolok.

Burung beo jantan memiliki nafsu makan yang tidak terlalu banyak dan tidak cerewet, namun untuk suara yang dihasilkannya justru lebih keras.

Ciri Burung Beo Betina Dewasa

Gambar beo betina

Gambar beo betina

Jika disandingkan dengan burung beo jantan. Maka anda pun dapat melihat ciri kedua, yang mana burung beo betina itu memiliki postur tubuh yang lebih besar dan nampak  lebih bulat.

Dengan postur tubuh yang dimilikinya, Beo betina pada umumnya  memiliki bentuk kepala  yang lebih kecil. Selain itu pada bagian belakang kepalanya terdapat bentuk sudut yang lebih landai. Kemudian bagian mata burung beo betina juga terlihat lebih kecil.

Ciri selanjutnya nampak pada bentuk paruh dari burung beo betina yang lebih kecil namun justru lebih panjang dari paruh burung beo jantan.

Hal ini dapat anda buktikan dengan melihatnya dari bagian sisi samping yang mana dapat menunjukkan tampilan bentuk paruh burung beo betina yang lebih panjang dan ramping.

Ciri lain beo betina

Jengger juga menjadi ciri selanjutnya yang membedakan burung beo betina dengan jantan, yang mana pada burung beo betina ini nampak jengger dengan warna kuning yang lebih terang. Selain itu pada bagian sisi matanya juga terbentuk segitiga yang sempurna.

Untuk bagian kloaka atau saluran pembuangan burung beo betina justru tidak memiliki benjolan atau bahkan nampak rata dibandingkan beo jantan.

Sedangkan ciri pertama burung beo betina terlihat melalui cara berdirinya yang lebih tegak. Selain itu ia juga dapat menengadahkan kepalanya dengan baik.

Ciri terakhir ditunjukkan melalui sikap burung beo betina yang jauh lebih cerewet serta memiliki nafsu makan yang lebih besar. Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai 7 Ciri Beo Jantan dan Betina yang dapat dibedakannya dengan mudah.

Bagus mana Beo Jantan atau betina ?

Untuk pertanyaan ini saya rasa tidak ada jawaban pastinya di karenakan burung beo jantan dan betina sama-sama gacor. Akan tetapi kalau diminta memilih saya akan lebih memilih burung beo jantan. Dengan syarat burung tersebut sudah terpantau mau berkicau atau syukur-syukur sudah bisa menirukan suara orang.

Baca juga : Daftar Harga Burung Beo Lengkap dan Terpercaya

Bukan tanpa alasan karena kalau untuk masalah membeli burung admin pribadi lebih memilih memelihara burung yang sudah jadi walaupun harus mengeluarkan dana sedikit lebih mahal. Akan tetapi hasilnya lebih cepat dirasakan dan juga tidak membutuhkan waktu lama paling mentok satu minggu burung sudah bisa beradaptasi dan kembali gacor.