Lainnya

Cara Membedakan Jenis Kelamin Kenari Jantan dan Betina

Burung Kenari Jantan dan betina

Hobiburung.org – Apakah anda tidak yakin apakah burung kenari yang anda beli jantan atau betina maka anda patut membaca artikel kali ini yang membahas cara membedakan jenis kelamin burung kenari jantan dan burung kenari betina. Burung Kenari jantan dan betina pada umumnya memang agak susah di bedakan. bentuk fisik kenari jantan dan betina bisa dikatakan hampir sama dan nyaris tidak memiliki perbedaan dari warna bulu, bentuk paruh maupun bentuk kaki. akan tetapi walaupun demikian jika anda memperhatikan secara detail dan teliti ada ciri – ciri khusus yang bisa anda gunakan untuk menentukan jenis kelamin kenari.

3 Cara Membedakan Jenis Kelamin Kenari

  • Dengan melihat bentuk dubur kenari tersebut
  • Dengan Melihat posisi mata dan paruh Kenari
  • Dengan Mendegarkan suara kicauan Kenari

1. Melihat bentuk dubur / Anus Kenari

Cara yang satu ini bisa dikatakn cukup mudah dan dilakukan untuk menentukan jenis kelamin burung kenari. caranya cukup sederhana yakni dengan melihat bentuk dubur burung kenari tersebut, anda bisa memegang burung kenari yang anda miliki kemudian anda bisa mengamati duburnya jika burung tersebut :

  • Kenari berkelamin jantan biasanya memiliki dubur yang terlihat kecil dan memanjang.
  • Kenari Betina biasanya memiliki bentuk dubur yang terlihat lebih lebar dan juga tidak memanjang.
Burung Kenari Jantan dan betina

Burung Kenari Jantan (kiri) dan betina (kanan)

2. Melihat Bentuk Mata Burung Kenari

Jika anda masih kurang yakin apakah burung yang anda memiliki adalah kenari jantan atau betina maka dalam membedakan burung kenari jantan dan betina anda bisa menggunakan cara yang kedua ini, yakni dengan melihat bentuk mata dan juga paruh burung tersebut. jika kenari tersebut :

  • Kenari Jantan biasanya memiliki bentuk mata yang sejajar dengan paruh.
  • Kenari Betina biasanya memiliki mata yang terlihat agak lebih tinggi dari paruh.
Kenari Jantan dan betina

Kenari Jantan dan betina

3. Mendengar Suara Kicauannya

Cara yang terakhir yang saya sarankan jika anda masih kurang yakin dalam menentukan jenis burung kelamin anda bisa mencoba mendengarkan suara kicauan burung kenari tersebut walaupun cara ini saya rasa agak susah di terapkan terlebih lagi untuk kenari yang masih bakalan / anakan. dan berikut cara yang bisa anda coba :

  • Kenari Jantan pada umumnya memiliki suara ngeroll yang panjang dan jelas.
  • Kenari Betina pada umumnya jarang sekali bisa ngeroll akan dan hanya bisa bersuara pendek – pendek saja.

Cara di atas bisa anda coba untuk menentukan kenari jantan dan betina yang sudah dewasa saja.Sedangkan untuk kenari yang masih anakan saya rasa masih cukup susah dalam menentukan jenis kelaminnya. secara garis besar kenari yang gacor ataupun sering di ikut sertakan adalah burung kenari jantan maka itu tidak heran jika kenari yang berjenis kelamin jantan memiliki harga jual yang lebih tinggi. semoga cara di atas bermanfaat untuk pengunjung setia hobiburung. baca juga rtikel tentang burung kenari lain seperti jensi kenari yang populer dan Suara Burung Kenari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Please wait...

Dapatkan Sekarang

Dapatkan informasi terbaru seputar burung kicauan di hobiburung.org Eksklusif untuk anda masukan email anda sekarang juga