Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Dewasa dan Trotol Lengkap

Cucak Ijo jantan dan Betina – Ketika sudah dewasa burung cucak ijo jantan dan betina memang cukup mudah untuk dibedakan. Ada beberapa ciri khas yang bisa digunakan untuk membedakan antara cucak ijo jantan dan betina. Untuk membedakan jenis kelamin burung cucak ijo anda bisa mengamati pada beberapa bagian tertentu dari burung cucak ijo.

Beberapa cara yang sering digunakan oleh para kicaumania untuk menentukan jenis kelamin burung cucak ijo adalah dengan melihat bulu yang berada di bawah paruhnya, melihat postur / body burung cucak ijo, mendengarkan suaranya ataupun bisa juga dengan melihat tingkah laku dari burung tersebut.

Menentukan Jenis Kelamin Cucak Ijo jantan dan Betina

Dari sekian banyaknya cara untuk menentukan jenis kelamin burung cucak ijo dewasa. Cara yang paling umum dan paling sering digunakan adalah dengan melihat bulu di bawah paruh dan juga bentuk kacamata pada burung cucak ijo. Jika di bandingkan dengan cara lain yang sudah saya sebutkan di atas cara ini dianggap sebagai cara yang paling mudah dalam menentukan jenis kelamin burung cucak ijo.

Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Dewasa

Cara ini hanya berlaku pada burung cucak ijo yang sudah dewasa saja. Hal ini dikarenakan cucak ijo yang sudah dewasa biasanya memiliki bentuk fisik yang sudah sempurna termasuk organ reproduksinya. Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk membedakan CI Betina dan jantan, Berikut informasi lengkapnya.

Cucak ijo jantan (kiri) Cucak iji betina (kanan)

Ciri Cucak Ijo Dewasa Jantan

Ciri Cucak ijo jantan dewasa bisa anda lihat pada bagian bawah paruh, biasanya cucak ijo jantan memiliki bulu yang berwarna kehitaman seperti pada di gambar. Dengan cara ini tingkat keakuratannya bisa mencapai 100%.

Baca juga : Cara Akurat Membedakan Ciblek Gunung Jantan dan Betina Beserta Penjelasannya

Cara yang kedua bisa dengan meraba pada bagian sumpit urangnya (bagian bawah). Menurut beberapa kicaumania cucak ijo jantan memiliki tulang yang keras dan jaraknya juga lebih rapat. Untuk tingkat akurasinya tergantung dari pengalaman anda.

Ciri Cucak Ijo Dewasa Betina

Berbeda dengan cucak ijo jantan, Cucak Ijo betina pada umumnya memiliki warana bulu yang berwarna hijau.

Untuk Cucak Ijo betina pada umnya tulang sumpitnya lebih lentur / tidak sekeras cucak ijo jantan, Selain itu jaraknya juga terasa lebih rengang.

Membedakan Cucak Ijo Betinda dan Jantan Trotolan

Berbeda dengan burung cucak ijo yang sudah dewasa, Cucak Ijo trotolan lebih sulit dibedakan antara jantan dan betinannya. Hal ini dikarenakan pada cucak ijo trotolan ciri khas pada cucak ijo jantan belum terlihat jelas.

Baca Juga : Burung Cucak Ijo, Harga Jenis, Gambar & Suara Kicauannya

Akan tetapi walaupun demiian berdasarkan infromasi dari beberapa forum dan pengalaman kicaumania ada beberapa hal yang membedakan cucak ijo trotolan jantan dan betina silahkan disimak.

Cucak Ijo Trotolan Jantan

Perhatikan kacamata di sekitar lingkaran mata burung cucak ijo (sumber : omkicau.com)

Untuk ciri yang pertama perhatikan pada bagian alis / kacamata di sekitar burung cucak ijo, jika kacamatanya terlihat dan cenderung berwarna agak kuning kemungkinan besar burung tersebut adalah cucak ijo jantan.

Kemudian Cara kedua anda bisa melihat pada bagian bawah paruh, Cucak Ijo jantan memiliki warna bulu yang cenderung lebih gelap dan terlihat agak kecoklatan.

Cucak Ijo Trotolan Betina

Bulu cucak ijo trotol jantan dan betina

Bulu cucak ijo trotol jantan dan betina (sumber : omkicau.com)

Pada bagian kacamata disekitar mata pada umnya memiliki warna yang cenderung berwarna putih.

Untuk cucak ijo betina yang masih muda biasanya warna bulu yang berada di bawah paruh berwarna agak putih.

Kesimpulan

Seperti yang sudah di tulis diatas untuk membedakan cucak ijo jantan, betina untuk dewasa dan trotolan memang berbeda. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan selain itu anda juga perlu waspada jika membeli burung cucak hijau dewasa hutan. Hal ini dikarenakan pernah ditemukan beberapa kasus dimana warna bulu pada cucak ijo betina yang aslinya berwarna hijau di cat dengan warna hitam sehingga jika sepintas cukup mirip dengan Cucak ijo jantan.