Lainnya

3 Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Jantan dan Betina

Sayap Lovebird Jantan

membedakan jenis kelamin burung lovebird ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengidentifikasi jenis kelamin burung tersebut. Perlu anda ketahui burung lovebird termasuk kedalam jenis hewan yang antara jantan dan betinanya tida memiliki perbedaan yang mencolok, mulai dari bentuk kepala, warna dan juga kelakuan. pasalnya tidak hanya burung lovebird jantan saja yang bisa ngekek ternyata lovebird betina juga bisa ngekek seperti halnya lovebird jantan.

Di perlukan Ketelitian yang ekstra agar dapat membedakan jenis kelamin burung Lovebird jantan dan betina, dan artikel ini kami akan mencoba membedah 3 cara membedakan jenis kelamin lovebird :

  1. Dengan Mengamati Ekor Lovebird.
  2. Dengan Mengamati Kloaka Lovebird.
  3. Dengan Mengamati Kelakuan Lovebird.

Cara Membedakan Lovebird jantan dan betina

karena kita akan mencoba mengamati burung saya sangat menyarankan agar anda membawa perbandingan / tidak hanya satu burung saja yang anda amati, karena saya rasa akan sangat susah menentukan jenis lovebird jika anda hanya menagamati 1 ekor saja. dan berikut cara lengkap dalam membedakan jenis kelamin lovebid :

1. Dengan Mengamati Ekor pada burung lovebird

Sayap Lovebird Jantan

Sayap Lovebird Jantan

untuk cara yang pertama anda bisa mencoba mengamati ekor pada burung lovebird, tentu saja hal ini hanya berlaku pada burung lovebird yang ekornya masih dalam keadaan sempurna (tidak mbodol / dorong ekor) dan yang biasanya sudah memiliki usia diatas 5 bulan. ada beberapa ciri yang biasa di jadikan patokan untuk menentukan jenis kelamin lovebird seperti :

  • Untuk Lovebird Jantan biasanya memiliki Ekor yang berbentuk V
  • Untuk Lovebird Betina biasanya memiliki Ekor yang Berbentu U

2. Dengan Mengamati Bentuk Kloaka / Dubur Pada Lovebird

Sedangkan cara kedua yang bisa anda coba adalah dengan memegang burung lovebird tersebut, untuk cara yang kedua ini mungkin hanya bisa dilaukan jika burung lovebird tersebut sudah dewasa atau setidaknya sudah berumur lebih dari 8 bulan yang dimana seluruh organ vitalnya sudah terbentuk sempurna. untuk perbedaan antara jantan dan betina dari bentuk kloaka adalah sebagai berikut :

  • Burung Lovebird Jantan Pada umumnya memiliki kloaka yang agak lebih kecil dan seolah – olah agak memanjang / mancung.
  • Burung Lovebird Betina pada umumnya memiliki kloaka yang agak lebih lebar dan biasanya tidak sepanjang / semancung lovebid jantan

3. Dengan Sayap Lovebird

Perbedaan Lovebird jantan dan betina

Perbedaan Lovebird jantan dan betina

entah cara ini benar atau salah saya masih kurang yakin 100% akan tetapi jika anda perhatiakn burung lovebird jantan dan betina ketika sedang bertenger pada umumnya burung lovebird jantan akan menutup rapat sayapnya sehinga antara sayap kanan dan kiri saling bertemu (menyilang) sedangkan untuk lovebird betina akan tida bertumu antara ujung sayap satu dengan ujung sayap lainnya.

 

walapun cara diatas tidak menjami 100% ke akuratanya akan tetapi setidaknya dengan mengunakan cara di atas peluang anda mendapatkan lovebird sesuai jenis kelamin yang anda inginkan akan semakin tinggi. banyak yang beranggapan jika lovebird jantan dan betina bisa di bedakan berdasarkan warna yang dimilikinya akan tetapi menurut pendapat saya sendiri hal tersebut sangat susah di lakukan warna lovebird jantan dan betina hampir mustahil untuk di bedakan pasalnya lovebird jantan dan betina memiliki warna yang hampir sama dan jenisnya pun cukup beraneka ragam yang bisa anda baca di sini. Demikian informasi mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina yang dibahas di hobiburung.org. baca juga Membedakan Jenis Kelamin kacer dan 13 jenis lovebird berdasarkan warnanya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top