Cara Lengkap Membedakan Branjangan Jantan dan Betina

Branjangan Jantan dan Betina – Branjangan memiliki nama latin Mirafra javanica. Burung Branjangan merupakan burung yang bisa dikatakan luar biasa dan memiliki keunikan tersendiri. Burung Branjangan dapat menirukan kicauan burung lain. Selain itu Branjangan mampu berkra-lengkap-membedakan-branjangaicau sambil terbang ditempat atau bisasa disebut hovering. Branjangan terbang dengan cara membumbung tinggi ke atas sampai tidak terlihat oleh pandangan kemudian menukik kembali ke tanah dengan cepat seperti seekor elang.

Branjangan termasuk jenis burung tanah pemakan biji bijian dan serangga. Branjangan hidup ditempat kering seperti tanah bekas tebangan tebu, stepa, gunung pasir juga bebatuan. Para petani tebu sering mendapatkan hiburan dari suara kicau Branjangan sambil menunjukan gaya mengepakan sayapnya. Di Indonesia Branjangan berkembang dan menyebar di kawasan pulau Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara dan Bali.

Apa bila anda menemui burung dengan ciri ciri diatas bisa jadi itu dalah burung Branjangan yang sangat unik itu. Sekarang bagaimana cara kita membedakan Branjangan jantan dan betina? Simak inilah cara mebedakan Branjangan Jantan dan Betina anakan sampai dewasa

Perbedaan Branjagan Jantan dan Betina Dewasa

Burung Branjangan

Burung Branjangan (sumber : binatangpeliharaan.org)

Burung Branjangan dewasa dapat di identifikasi perbedaannya. Ciri Branjangan Jantan dan Betina Dewasa dapat dilihat pada warna bulu, ketebalan bulu, warna paruh, dan jambulnya serta suaranya.

Ciri Branjagan Jantan Dewasa

Warna bulu Branjangan jantan dewasa adalah cokelat. Bulu Branjangan jantan terasa tebal. Sedangkan warna paruhnya mengkilat, putih dan terang. Apabila bertemu dengan kawannya, burung yang sejenis, Branjangan akan mengeluarkan jambul dikepala yang gagah dan panjang. Suara Branjangan Jantan bervariasi dan tidak terputus.

Pada bagian depan mata tepatnya dekat dengan paruh atas dari Branjangan terdapat bulu yang terasa halus yang berwarna hitam selain itu apabila kita memperhatikan dengan seksama pada bagian paruh dan telinga bagian bawah akan nampak bulu putih yang mekar atau tampak berdiri.

Baca Juga : Cara Efektif Membedakan Cendet Jantan Dan Betina Lengkap

Ekor pada burung Branjangan yang terlihat mengembang atau terbuka meyakinkan kita bahwa burung tersebut adalah Branjangan jantan .

Ciri Branjagan Betina Dewasa

Warna bulu Branjangan betina dewasa yaitu coklat namun coklatnya lebih kusam. Warnah paruh betina nampak gelap yaitu berwarna cokelat atau hitam. Branjangan juga memiliki jambul. Hanya saja jambulnya tidak terlalu panjang alias pendek. Betina Branjangan memiliki suara yang keras namun terputus putus dan kurang variasi

Perbedaan Branjagan Jantan dan Betina Trotolan

Perbedaan Branjangan jantan dan betina trotolan dapat dilakukan dengan cara melihat penampilan fisik anakan, melihat pada bagian kepalanya, meneliti bagian tubuhnya, melihat warna bulu pada dada, memperhatiakan kicuaannya, dan melihat bentuk ekornya. Penjelasannya silahkan disimak dibawah ini!

Ciri Branjagan Jantan Trotolan

Mulai dari penampilan fisik anakan, Ciri Branjangan Jantan Trotolan adalah Bentuk kepala burung Branjangan jantan lebih besar. Seperti saat telah dewasa, saat masih anakan pun warna bulu si jantan lebih tajam dan tegas. Berikutnya mari kita perhatikan pada bagian kepala. Pandangan mata yang tajam menunjukan bahwa trotolan tersebut jantan.

Baca Juga : Ciri Blackthroat Jantan Dan Betina Dewasa dan Trotolan Lengkap

Ukuran tubuh pun akan mempengaruhi jenis kelamin. Branjangan jantan memiliki ukuran yang lebih besar, meskipun ukuran tubuh juga bergantung pada daerah asal burung. Sejak masih trotolan burung Branjangan jantan dewasa telah memiliki bulu halus di sekitar dadanya. Sama seperti pada saat dewasa Branjangan jantan memiliki variasi bunyi, kemampuan ini juga telah nampak sejak burung berusia trotolan. Burung Branjangan Jantan trotolan lebih sering ngriwik atau berkicau.

Ciri Branjagan Betina Trotolan

Kebalikan dengan burung jantan, Branjangan Betina trotolan memiliki ciri bentuk kepala yang lebih kecil, warna bulu yang kurang tegas. Burung Branjangan betina trotolan tidak memiliki tatapan mata yang tajam serta tidak memiliki bulu pada bagian dekat paruh atas. Tidak terdapat pula bulu yang ekat dibagian paruh dan bawah telinga seperti pada pejantanya. Betina Branjangan Anakan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Pada saat masih trotolan, burung branjangan betina setingkali lebih tenang dan malas berkicau. Ekor betina trotolan tipis dan menutup.

Kesimpulan

Inilah cara membedakan Branjangan Jantan dan Betina anakan sampai dewasa yang dapat penulis bagi untuk pea pembaca sekalian. Tentu saja hal ini berguna gagar pembaca dapat mengetahui perbedaan Branjangan jantan dan betina. Sehingga apabila merawat branjangan, membaca sekalian menjadi lebih mudah dan tepat baik itu memelihara yang anakan maupun yang telah dewasa.