Cara Akurat Membedakan Ciblek Gunung Jantan dan Betina Beserta Penjelasannya

Cara Akurat Membedakan Ciblek Gunung Jantan dan Betina Beserta Penjelasannya mulai dari warna, bentuk fisik, tingkah laku dan suara kicauannya akan kami bahas lengkap di hobiburung.org. Siapa yang tidak kenal dengan burung ciblek gunung ? burung mungil yang memiliki mental tempur yang bagus dan suara tembakan yang nyaring ini memang kerap di jadikan sebagai burung masteran ataupun sebagai burung lomba.

Antara Ciblek jantan dan betina perbedaanya memang tidak terlalu mencolok akan tetapi tetap saja kita masih bisa melihat dengan jelas perbedaanya. beda cerita lagi jika ciblek tersebut masih anakan akan cukup susah dalam membedakannya. Mengingat burung ciblek anakan sangat mirip antara jantan dan betinanya.

Perbedaan Ciblek Gunung Jantan dan Betina

Mulut ciblek gunung

Mulut ciblek gunung jantan (Foto dari IG : luaybelu)

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membedakan mana ciblek jantan dan mana ciblek betina. Cara yang pertama bisa dengan melihat warnaa bulunya. Cara kedua bisa dengan melihat bentuk fisiknya dan cara yang ketiga bisa juga dengan melihat bentuk fisiknya. Akan tetapi cara ini mungkin hanya akan akurat jika yang anda lihat adalah burung ciblek gunung yang sudah dewasa. Berikut cara lengkap dalam membedakan ciblek jantan betina yang bisa anda coba.

Ciri Ciblek Jantan

Ciblek Gunung jantan

Ciblek Gunung jantan

Ciblek jantan pada umumnya memiliki warna yang lebih gelap jika di bandingkan dengan ciblek betina. warna ini akan terlihat jelas pada bagian dadanya.

Perhatikan pada paruhnya, untuk ciblek jantan pada umumnya akan memiliki warna yang berwarna hitam.

Jika anda membuka mulutnya / parhunya rata-rata ciblek jantan memiliki warna yang lebih gelap / cenderung berwarna hitam.

Perhatikan pada dubur nya, ciblek jantan cenderung memiliki bentuk yang agak kecil dan cukup panjang.

Suara kicauannya juga lebih mantap jika di bandingkan dengan ciblek betina. untuk suara kicauan burung ini anda bisa mendownloadnya di halaman : Download MP3 Suara Ciblek Gunung Ngeroll cocok untuk Masteran

Ciri Ciblek Betina

Ciblek gunung betina

Ciblek gunung betina sumber kicaumania.or.id

Untuk burung ciblek betina pada umumnya memiliki warna yang lebih cerah dari pada burung jantan.

Paruh juga memiliki warna yang lebih cerah tidak seperti cbilek jantan yang berwarna hitam.

Mulut juga memiliki warna yang lebih cerah dan cenderung berwarna agak kuning jika di bandingkan dengan ciblek jantan.

Suara kicauannya pun juga tidak sepanjang ciblek jantan.

Baca juga : informasi seputar burung prenjak / ciblek

Kesimpulan

Cara diatas bisa anda terapkan untuk membedakan ciblek gunung jantan dan betina. dari artikel di atas bisa di ambil kesimpulan anda bisa membedakan ciblek jantan dan betina dengan mengidentifikasi warna paruh, warna mulut dan juga warna bulu cara diatas sudah terbukti ampuh untuk burung ciblek yang sudah dewasa.