Perbedaan Anis Kembang Jantan dan Betina Lengkap

Anis Kembang jantan dan betina memang memiliki beberapa perbedaan. Perlu anda ketahui Anis Kembang memiliki genus yang sama dengan Anis Merah yaitu Zootera. Sedangkan spesies Anis kembang dalam nama latin disebut Zoothera interpres. Anis Kembang juga sering disebut Punglor Kembang. Anis Kembang dapa ditemui di Kalimantan, Flores, Nusa Tenggara, Sunda Besar, Filipina dan Malaysia. Meski pada beberapa daerah jumlah Anis Kembang mulai menurun. Untuk pasarannya burung ini dapat mencapai 3,5 juta sampai 10 juta. Harganya tergantung pada kemampuan berkicaunya.

Kicauan burung Anis Kembang dirumah jarang sekali terdengar berlulang ulang. Sehingga, kicauannya tidak membosankan. Hal inilah yang menjadi keunggulan burung yang tergolong tidak manja dalam perawatan sehari hari dirumah. Burung ini merupakan burung yang merdu suaranya, meski sangat keras kicauannya namun tidak memekakan telinga pendengarnya. Lagu yang dikeluarkannyapun sangat varatif menskipun ini juga tergantung pada cara pemasterannya. Biasanya burung Anis Kembang yang dipelihara adalah yang jantan.

Ada beberapa alasan mengapa Anis Kembang jantan lebih sering dipelihara terlebih lagi untuk lomba. Salah satunya adalah burung jantan lebih bervariasi dalam ngriwiknya Lalu bagaimana kita membedakan burung yang lebih tahan stress ini? Simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Anis Kembang Jantan dan Betina Dewasa

Burung Anis Kembang

Anis Kembang (Sumber Gambar IG : @gamellance)

Burung Anis Kembang juga termasuk burung monomorfik dimana kenampakan jantan dan betina sama. Oleh karena itu apabila hanya ada satu ekor burung saja, menentukan jenis kelamin dari burung yang sebarannya di daerah Sumba dan Timor ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman saja. Meskipun begitu ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan burung Kembang Jantan dan Anis Kembang Betina.

Baca Juga : Cara Penanganan Anis Kembang Yang Kurang Ngeplong/Gacor

Ciri Burung Anis Kembang Jantan

Burung Anis Kembang jantan bermata menonjol. Kontras pada bulu daripada burung jantan akan lebih kentara serta mengkilap. Terdapat bulu berwarna hitam atau pola awan berlekuk lekuk yang berwarna abu-abu pada bagian pantat. Gaya berdiri burung jantan yaitu merapatkan kaki. Apabila si Jantan birahi maka ia akan menanduk nandukan kepalanya dengan badannya yang menyenduk nyenduk apabila didekatkan pada betina.

Ciri Burung Anis Kembang Betina

Sekarang mari kita perhatikan Anis Kembang betina. Kelopak mata Anis Kembang Betina datar. Dia memiliki bulu yang berwarna putih dibagian pantat. Warna putih dapat berupa putih keruh atau putih terang. Cara berdiri si betina yaitu merenggangkan kaki dan merunduk. Apabila si betina birahi ia akan mengepak-ngepakkan sayapnya terus menerus saat mendengar sang jantan ngriwik.

Baca Juga : Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina Lengkap

Perbedaan Anis Kembang Jantan dan Betina Anakan

Membedakan burung Anis Kembang Jantan dan Betina melalui warna bulu pantat tidak dapat dilakukan pada burung Anis Kembang yang masih anakan atau trotolan. Perbedaan burung Anis Kembang Jantan dan Betina Anakan dapat dilakukan dengan memperhatikan cara ngriwiknya.

Ciri Burung Anis Kembang Jantan

Burung Anis Kembang Jantang ngriwik dengan cara membuka paruhnya yang mungil. Suaranya juga terdengar lantang serta keras.

Ciri Burung Anis Kembang Betina

Ketika ngriwik burung Anis Kembang Betina Trotolan hanya mengembung-ngembungkan bagian leher meskipun suaranya terdengar keras namun tidak sekeras dan selantang si jantan.

Kesimpulan

Secara garis besar Itulah tadi cara menentukan Anis Kembang Jantan dan Betina yang dapat dilakukan walaupun cara tersebut bisa dikatakan tidak 100% akurat. Selain dari bentuk mata dan kelopaknya, bisa juga dari warna bulu pantat, cara ngriwik, aksi dan reaksi saat masa birahi, serta suara ngriwiknya.

Apabila kita mempunyai dua sangkar burung yang kita belum tau mana jantan dan betinanya, kita bisa mendekatkan kedua sangkar tersebut dan melihat reaksi kedua burung.  Apabila kedua burung tersebut berlagak seolah beradu maka kemungkinan kedua burung tersebut adalah jantan. Namun apabila kedua burung saling acuh dan cuek, kemungkinan burung  itu adalah burung betina.

Sedangkan apabila melakukan aksi ngriwik dan menanduk nandukan kepala serta yang satunya membuka menutup sayapnya secara berulang ulang maka kedua burung tersebut adalah jantan dan betina. Itu tadi sedikit tips cara membedakan burung Anis Kembang Jantan dan Betina dari dewasa sampai anakan.